KONSULTASI PEMAGANGAN
Ada pertanyaan, keluhan, konsultasi? klik disini

23-08-2014 | SUMATERA UTARA, Kab. Deli Serdang
Yopi ma'ruf | usia:20thn, pekerjaan:Peserta magang
Assalamualaikum, pak saya mau nanya untuk pengumuman test bhasa jepang di SUMUT yang Her tgl 8 agustus kpan ya pak kira kira di umumkan ? Agar kami bisa tau siapa aja yang lulus dan bisa segara buat paspor pak yang saya takut kan katanya kan tgl 28 nanti rencananya uda pemanggilan thp 1 daerah ... Bentar lagi kan sudh dkat tgl 28 tp kok belom kluar hasil her nya
terimah kasih

Jawaban :
Tunggu Jawaban


22-08-2014 | BANTEN, Kab. Serang
ALIFIANI WULAN KUSUMAWATI | usia:20thn, pekerjaan:BELUM BEKERJA
PAK APAKAH BOLEH PEREMPUAN IKUT SERTA DALAM MANGANG KE JEPANG??

KALAU BOLEH SAYA INGIN IKUT DAFTAR

Jawaban :
Tunggu Jawaban


22-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Kebumen
Mauludin J | usia:32thn, pekerjaan:wiraswasta
maaf mau tanya,, untuk SKCK di bagian keterangan apakah harus di tulis untuk/guna melamar pekerjaan atau guna mengikuti proses pemagangan ke Jepang, dan yang mengeluarkan polda atau cukup samapi polres, soalnya ini adanya SKCK yang untuk melama pekerjaan...nuwun..
Jawaban :
Tunggu Jawaban


22-08-2014 | SUMATERA UTARA, Kab. Tanjung Balai
santo | usia:23thn, pekerjaan:wiraswasta
di telinga saya ada tindik,tetapi untuk mengikuti seleksi saya menutup tindik saya dengan cara pergi ke dokter, jika tindik saya sudah di tutup apakah saya bisa mengikuti seleksi??
Jawaban :
Tunggu Jawaban


21-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Wonogiri
pandu wijaya | usia:16thn, pekerjaan:pelajar
usia minimal magang berapa ?
Jawaban :
Tunggu Jawaban


21-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Wonosobo
Dwi | usia:23thn, pekerjaan:peserta magang
aslkum. maaf pak mau tanya, apa benar katanya untuk pelatihan tahap 1 wilayah jateng akan dilaksanakan pada tanggal 28 agusts 2014??.
trimakasih.

Jawaban :
Tunggu Jawaban


21-08-2014 | JAWA TIMUR, Kota Blitar
adi | usia:23thn, pekerjaan:swasta
Assalamu'alikum
Permisi admin saya mau tanya,ini saya mempunyai ijazah paket B dan paket C.
Apakah saya bisa mengikuti pendaftaran permagangan di Jepang?
Trimakasih

Jawaban :
Tunggu Jawaban


21-08-2014 | SUMATERA SELATAN, Kab. Ogan Hilir
Imran Ghozali Lubis | usia:21thn, pekerjaan:Belum Bekerja
Assalamualaikum wr.wb.
saya lulusan D3 dari Politeknik Sriwijaya Palembang.
saya tertarik mengenai info pemagangan ke luar negeri.
saya berasal dari palembang, tapi sekarang lagi di cikarang-bekasi untuk mencai kerja.
saya lihat di jadwal rekrutmen, provinsi Sumatera Selatan tidak ada rekrutmen.
saya mau bertanya, apakah saya bisa mendaftar pada rekrutmen yg diadakan di provinsi lain, misalnya DKI Jakarta?
terima kasih.

Jawaban :
Tunggu Jawaban


21-08-2014 | JAWA TIMUR, Kab. Blitar
Syukron | usia:18thn, pekerjaan:pelajar
Permisi Pak, pada tanggal 25/08/2014 s/d 28/08/2014 kan ada rekruitmen di ponpes Jombang Jatim, kalau saya ingin mengikuti rekruitmen tersebut bagaimana ? , apakah saya harus langsung datang pada tanggal tersebut ?

Terima Kasih.

Jawaban :
Tunggu Jawaban


21-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Magelang
Anif | usia:21thn, pekerjaan:Kenshusei
Ass,maf pak mau tanya untuk mcu yang di boyolali itu tempatnya di klinik apa trus mulai tgl berapa dan berapa hari untuk mcu nya ??
terima kasih , .

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
peserta dapat melaksanakan mcu di klinik budi sehat surakarta, dan klinik permata semarang mulai tanggal 1 september 2014, silakan pilih klinik yang terdekat


20-08-2014 | SUMATERA UTARA, Kota Binjai
roni | usia:22thn, pekerjaan:kenshusei
ass, maf pak saya mau tanyak kira kpan peltda 1 di SUMUT untuk gelombng ke 2..
mohon infony termksh..

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
akan ada rencana pelatda tanggal 28 agustus, 14 oktober, dan 13 nopember, mudah-mudahan peserta sumut dapat dipanggil


20-08-2014 | SUMATERA UTARA, Kab. Langkat
Arif | usia:22thn, pekerjaan:Swasta
Assalamualaikum wr.wb.
Selamat sore Bapak/Ibu, kapan pengumuman hasil tes bahasa jepang yang dilaksanakan pada 7 Agustus 2014 di Medan ? Mohon infony ?
Terima kasih

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
mohon maaf masih dalam proses, akan kami umumkan apabila proses selesai


20-08-2014 | JAWA TIMUR, Kab. Trenggalek
Fitri | usia:18thn, pekerjaan:pelajar
Assalamu'alaikum. kalau ikut magang, apakah perempuan juga harus punya tinggi badan 160cm?
lalu, adakah lembaga yang melayani pemagangan ini di daerah sekitar Trenggalek?

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
karena program untuk perempuan tidak ada maka hal tersebut tidak dapat kami jawab, sedangkan lembaga pengirim yang resmi dapat anda lihat di kolom luar negeri mengenai program non im


19-08-2014 | JAMBI, Kab. Kerinci
tatang | usia:21thn, pekerjaan:wiraswasta
admin saya mau tanya kapan ya dilaksanakannya test bahasa untuk rekrut khusus nasional ?
trimakasih

Jawaban :
mohon ditunggu, kepastiannya masih menunggu permintaan dari pihak jepang


19-08-2014 | JAWA BARAT, Kab. Tasikmalaya
mahmudrifai | usia:24thn, pekerjaan:wiraswasta
aslm...
pak kenapa untuk format surat susah di download yah.>>?
padahal saya sudah mengulang berkali kali tapi tetap tidak bisa

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
mohon di cek kapasitas komputer anda, barangkali ada program yang belum ter install


19-08-2014 | SULAWESI TENGGARA, Kota Kendari
Fajar Amin Rais | usia:27thn, pekerjaan:wirausaha
Selamat pagi...Ohayou Gozaimasu

Mohon pak informasi tentang Inter Company apakah benar ada, jika ada tolong apa saja yang menjadi persyaratannya dan apakan IM Jepang menyelenggarakan atau LPK swasta.

sekian dan terima kasih.

Yoroshiku Onegai Shimasu.

Jawaban :
jika yang dimaksud antar perusahaan, maka bisa langsung perusahaan yang bersangkutan melaksanakan melalui rekomendasi kemnakertrans


19-08-2014 | SULAWESI SELATAN, Kota Makasar
daeng bella | usia:24thn, pekerjaan:Buruh
Selamat pagi

Maaf Bpk/Ibu saya ingin mempertanyakan apakah benar bahwa tahun ini di bulan 10 akan di adakan perekrutan di makassar yang di selenggarajan oleh IM Japan.
jika benar Kapan perekrutan untuk makassar ?. Mohon informasinya.

Jawaban :
hal tersebut masih dalam proses pembahasan


19-08-2014 | BALI, Kab. Buleleng
chandra | usia:21thn, pekerjaan:Teknisi Computer
pak, jika sudah lulus semua seleksi, bagaimana dengan pekerjaan yg didapat dijepang. apakah kita yg memilih jenis pekerjaan tersebut atau pihak jepang yg menentukan? apa harus sesuai dengan kemampuan kita yg didapat dipelatihan?
Jawaban :
mengenai penempatan jenis kerja, akan dilakukan wawancara saat di pelatihan daerah


18-08-2014 | DI YOGYAKARTA, Kab. Gunung Kidul
Nico | usia:18thn, pekerjaan:Dagang
Pak saya mau tanya saya mengalami buta warna hijau ,apa saya mais bisa lulus tes medical
Jawaban :
mohon maaf, buta warna walaupun parsial tidak bisa


18-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Demak
suhendra | usia:23thn, pekerjaan:magang
Bnyak pak terjadi kekerasan di platihan,bukan hanya di pusat di pelatda pun sama ja,bahkan tidak sedikit perlakuanya kepada kami tidak manusiawi(hukuman sangat tidak sebanding dengan kesalahan),Bagaimana kami mau melapor pak,kami sngat takut di pulangkan,mau gk mau ya diam saja pak,mohon pak di selidiki,jangan suruh kami melapor jelas2 ya tidak mau ambil resiko"dipulangkan''.kalo emang pihak pusat tidak ada gerakan sama sekali ya sudah,kami pun sudah mencatat alamat sensei2 yg kelewatan,jangan salahkan kami kalo nanti kami membalas apa yg sudah sensei lakukan ke kami,
Mungkin anda hanya tertawa membaca aduan kami selama ini,
ya silahkan.......
Tp ingat ini indonesia bukan jepang,

Jawaban :
terima kasih informasinya, akan kami tindak lanjuti


18-08-2014 | BANTEN, Kab. Tangerang
ma'arif | usia:24thn, pekerjaan:karyawan
saya mau tanya..
nama sayaa MA'ARIF
kata teman saya nama itu akan bermasalah
apakah benar nama saya akan bermasalah saat membuat paspor karna ada tanda kutip nya ( ' ) jika ia bagaimana solusinya
terima kasih.

Jawaban :
yang mengetahuin hal tersebut adalah kantor imigrasi, sebaiknya anda berkonsultasi dengan pihak imigrasi


16-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Temanggung
ANDRE YOGA ANGGARA | usia:20thn, pekerjaan:swasta
asalamualaikum wr. wb
saya mau tanya pak di telinga saya bagian kanan ada bekas tindik sewaktu masih bayi apakah saya bisa ikut tes tersebut??

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
mohion maaf, sesuai persyaratan bekas tindik tidak bisa


16-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Pekalongan
Lukman hakim | usia:20thn, pekerjaan:karyawan
assalamuallaiqum wr.wb
mau tanya pak..saya sekarang kerja di jakarta,disini saya hanya mempunyai KTP pekalongan..apa bisa saya ikut perekrutan di jakarta bulan 11...?

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
anda tetap dianggap penduduk jateng, dan harus mengikuti di jateng


16-08-2014 | SUMATERA UTARA, Kab. Tebing Tinggi
parwis | usia:21thn, pekerjaan:wiraswasta
pak mau tanya,di kaki bagian kiri saya ada bekas luka bakar kurang lebih 5cm dan di gigi bagian depan yang bagian atas saya ada berwarna hitam sekitar 2mm, apakah boleh mengikuti seleksi pemagangan ke jepang???
Jawaban :
hal tersebut harus dilihat dulu, kami tidak dapat menentukan sebelum melihat, kalau untuk mengikuti seleksi bisa saja


15-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Cilacap
agus | usia:31thn, pekerjaan:swasta
melanjutkan pertanyaan tentang ex yg bisa di pekerjakan kembali pak, kalau lpk bisa memberangkatkan ex itu termasuk ilegal atau legal.masalahnya kami denger2 dapet pesangon juga pak?
Jawaban :
bisa dikatakan ilegal, karena harus mendapatkan rekomendasi dari kementerian tenaga kerja


15-08-2014 | BANTEN, Kab. Serang
SYARIF | usia:21thn, pekerjaan:pengusaha
Assalamu`alaikum wr wb
pak untuk test bahasa yang bonus itu kapan di sleksinya?
terimakasih.

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
sampai saat ini belum ada lagi


15-08-2014 | JAWA BARAT, Kab. Karawang
Zulfi | usia:20thn, pekerjaan:mahasiswa
Assalamualaikum wr wb
Bpk/ibu pemagangan yth
saya ingin bertanya tentang lokasi pendaftaran, untuk lokasi pendaftaran nanti pada tanggal 10 nov yang berada di daerah DKI JAKARTA, tempat pendaftarannya itu apakah harus di dinakertrans yang di Jl. Gatot Subraoto atau Bisa di Disnakertrans yang berada di dekat tugu tani. . ??
saya agak sedikit kebingungan di karenakan saya beasal dari daerah luar jakarta.

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
pendaftaran dilaksanakan di disnakertrans provinsi dki jakarta di dekat tugu tani


15-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Boyolali
Al aziz | usia:21thn, pekerjaan:Kenshusei
Assalamualaikum wr wb
Bpk/ibu pemagangan yth
Saya adalah kenshusei yang telah di jpng skitar 8 blan yang lalu.setelah saya membaca aduan teman2 tentang kekerasan pelatihan itu memang ada pak setahu saya ada 3 sensei yg pling sering mlakukan hal tsb.mungkin tjuanya itu mndidik tpi tdk slayaknya smpai sperti itu memang saat d luar platihan sensei2 tsb baik nmun saat KMD(kegiatan blajar mengajar) dr jm 08-17 sensei tsb sring main tngan trutama trhdap pserta platihan yg brmasalah, tdk main tngan pun kami sudah takut pak klo d gagalkan knpa hrus ada kekersan tsb,tolong dilakukan evaluasi tntng mslah sprti ini supaya tercetaklah kenshusei yang bermutu untuk kemajuan bangsa. Arigatougozaimashita

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
terima kasih atas informasinya, kami akan menindaklanjuti agar peristiwa tersebut tidak terulang


15-08-2014 | DKI JAKARTA, Jakarta Timur
Rizki Akbar | usia:25thn, pekerjaan:FOKUS MAGANG
Aslkm Wr.Wb mba,
Pemanggilan pelatihan tahap 1 untuk Expo 2013 yang sudah lulus remidi bahasa Jepang,kapan akan dijadwalkan? Dan apakah harus Mcu ulang? Mengingat sudah hampir 6bulan, sejak Mcu setelah lulus wawancara. Apakah Mcu dilakukan bersama atau didaerah masing-masing seperti halnya MCu pertama? Terima Kasih.

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
mudah-mudahan secepatnya dapat dipanggil, kami masih menunggu permintaan dari jepang, dan mengenai mcu akan dilaksanakan ulang saat masuk pelatihan tahap 2


15-08-2014 | JAWA TIMUR, Kab. Blitar
DENY | usia:22thn, pekerjaan:swata
Asalamualaikum.....

Untuk seleksi nasional ...sebelum dilaksanakan tes bahasa diadakan pra tes dahulu apa tidak..??

terimakasih....

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
tidak dilaksanakan pra tes, namun langsung tes


14-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Kebumen
agus | usia:22thn, pekerjaan:belajar bahasa jepang
assalamualaikum pak.. pak prnya kan udah selesai semua termasuk mondai sampai tanggal 9 agustus itu selanjutnya ngerjain apa pak..? saya yg kemarin remidi diceves rekrutan jogja
Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
kalau pr sudah selesai silakan belajar sendiri agar anda lebih siap


14-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Karanganyar
hery | usia:24thn, pekerjaan:swasta
Pak mau tanya, kalau platda bahasanya kan jelek terus dirumahkan dulu,nah yang mau saya tanyakan sebentar lagi kan ada tes bahasa jepang(kakunin) rekrut nasional di bekasi boleh gak ikut tes bahasa jepang di bekasi?atau apakah harus menunggu tes kakunin di boyolali?mohon penjelasannya terima kasih
Jawaban :
untuk rekrut nasional adalah tes her bahasa yang belum lulus, berbeda dengan kakunin, yaitu hanya diperuntukan bagi peserta yang tidak memenuhi syarat bahasa di pelatda, sehingga sebaiknya anda kakunin pada saat ada pelatda di daerah anda


14-08-2014 | JAWA BARAT, Kab. Karawang
marwan | usia:20thn, pekerjaan:buruh
di tes kesemaptaan apakah kita jg dittelanjangi begitupun waktu MCU apakah ditelanjangi bulat bulat.? makasih
Jawaban :
tidak telanjang bulat, masih memakai celana dalam


14-08-2014 | JAWA BARAT, Kab. Indramayu
andi | usia:25thn, pekerjaan:wirausaha
askmkm, pa saya melihat berita baik di tv maupun media elektronik / cetak, katanya mulai januari 2015 sudah sah pemerintah jepang memberlakukan bebas visa bagi wni yang ada di jepang begitupun juga sebaliknya.. apa ini benar pak ?
dan apakah pemagang juga termasuk ?
terimakasih
wslmkm

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
kalau kami tidak salah bebas visa berlaku untuk wisatawan


14-08-2014 | JAWA TENGAH, Kota Surakarta
putra | usia:25thn, pekerjaan:swasta
apabila terjadi tindak kekerasan dalam pelatihan, tentu peserta tidak bisa berbuat banyak hal, mereka dibayangi rasa takut jika suatu saat dipulangkan, maka dari itu apabila terjadi hal semacam itu kita harus melapor kepada siapa,? dan mereka pun tidak berani melapor scr langsung karena takut.
Jawaban :
jika tidak berani melapor secara langsung, silakan melalui forum ini untuk menyampaikannya


13-08-2014 | SUMATERA UTARA, Kota Medan
naipospos | usia:25thn, pekerjaan:swasta
apakah untuk tamatan /ijazah paket C bisa ikut daftar magang k Jepang?
terimakasih

Jawaban :
bisa, selama persyaratan lainnya dipenuhi seperti sertifikat latihan kerja


13-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Sragen
arif | usia:22thn, pekerjaan:-
Apakah tindakan Kekerasan dengan main tangan dipelatihan tahap 2 bisa dihilangkan..? kami disini untuk belajar,,bukan untuk yang lain,,kehidupan dijepang memang keras..tapi apa untuk kekerasan,,?disini kami sudah berat,,,kalo kami butuh ke jepang mungkin apa yang dilakukan sensei ke kami juga akan kami balas..
mohon bapak/ibu yang terhormat untuk mengadakan evaluasi.kami tidak berani untuk melapor karena kami hanya takut digagalkan;....terima kasih

Jawaban :
sudah berulangkali kami sampaikan bahwa kami tidak mentolelir tindak kekerasan, sebaiknya jika anda mendapat perlakuan itu, kami harap kerjasamanya untuk menyampaikan kepada kami siapa oknum yang anda maksud


13-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Tegal
syafik | usia:23thn, pekerjaan:karyawan pertamina
saya mau tanya,,,,untuk pemagangan d semarang bulan apa lagi yah pak,,,,,,trimakasih
Jawaban :
barangkali tahun depan, jika ada permintaan dari daerah anda ke pusat


13-08-2014 | BANTEN, Kab. Serang
ma'ruf | usia:24thn, pekerjaan:buruh
maaf.
untuk tes bahasa jepang seleksi nasional. tepatnya pada tanggal berapa akan di adakan.?
terima kasih.

Jawaban :
belum dapat disampaikan tanggal pastinya, sebab masih menunggu permintaan dari jepang


12-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Cilacap
latif | usia:21thn, pekerjaan:none
assalamualaikum,saya mau tanya,saya ikut rekrut jogja,pertengahan juni lalu saya sudah lulus tes bahasa,tpi sampai skarang belum ada pengumuman pemanggilan.yang sudah di panggil baru nomer rekrut awal,sedangkan saya nomer rekrut akhir,sampai skarang belum ada pemanggilan lagi,sebelumnya terimakasih banyak wasalamuallaikum
Jawaban :
wa;alaikum salam wr wb
mohon sabar mas, barangkali akan dipanggil pada angkatan berikutnya


12-08-2014 | JAWA BARAT, Kab. Cianjur
ferri ariandani | usia:30thn, pekerjaan:wiraswasta
apa perbedaan IM japan sama non IM japan
Jawaban :
program im japan dilaksanakan bekerjasama langsung dengan kementerian tenaga kerja, sedangkan non im melaksanakan sendiri atas izin kementerian tenaga kerja


12-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Brebes
ma'rufi | usia:25thn, pekerjaan:swasta
Assalamu`alaikum.. salam semangat pak.
saya mau tanya, apakah ada pemagangan ke jepang untuk perempuan?
soalnya sebelum saya pulang ke indonesia, saya dapat info dari orang IMM di jepang, katanya ada pemagangan untuk perempuan. kalau benar ada syarat - syaratnya apa saja?
terimakasih..
ex Japan 22-10

Jawaban :
wa;alaikum salam wr wb
program im khusus pria saja, kalaupun ada sifatnya khusus untuk peserta yang direkomendasikan oleh perusahaan yang ada di jepang


12-08-2014 | SUMATERA BARAT, Kab. Agam
kokoro | usia:21thn, pekerjaan:jisshusei
pak . jika ada peserta magang yang gagal di pelatihan tahap I di karenakan gagal sikap. apakah itu gagal pelatihan tahap I saja , atau gagal secara keseluruhan mulai dari awal sampai tahap I. jika peserta magang tersebut gagal . apakah boleh peserta tersebut ikut rekrut kembali.
terima kasih.

Jawaban :
jika gagal sikap dianggap gagal/gugur, dan jika masih berminat harus mengikuti seleksi lagi dari awal


12-08-2014 | NUSA TENGGARA BARAT, Kab. Lombok Barat
Syamsul huda | usia:22thn, pekerjaan:Wiraswasta
Asslmlkum kpd bpk/ibu yg terhormat., Untuk pemanggilan pelatihan tahap 2 di cevest untuk agktn 255 yang taikisha nya kapan ya..? Mhn info nya !! Terimakasih..
Jawaban :
wa'alaium salam wr wb
untuk tanggal pastinya masih menunggu permintaan dari jepang, mudah-mudahan bulan depan akan ada lagi pemanggilan


12-08-2014 | JAWA TIMUR, Kab. Mojokerto
Abu Tolib Fakhroji | usia:22thn, pekerjaan:Wiraswasta
Ass.
Mohon maaf jika pertanyaannya sangat dasar, tapi memang pengetahuan saya mengenai program ini hanya terbatas melalui website ini saja. Saya sudah coba-coba tanya ke dinas tenaga kerja dan transmigrasi kota saya (mojokerto) tapi tidak ada yang tahu mengenai program ini.

Menurut jadwal rekruitment dalam website ini, Provinsi Jawa Timur akan ada jadwal rekruitment pada tanggal 17/11/2014 s/d 21/11/2014, ini saya sudah mulai menyiapkan semua persyaratan administrasi-nya, cuman setelah nanti semua siap saya harus menyerahkan berkas-berkasnya dimana untuk mendaftar? (Mengingat disnakertrans kota saya tidak mengetahui mengenai program ini.), Lalu juga kapan batas akhir pengumpulannya?

Mohon informasinya karena saya sangat tertarik untuk mengikuti program ini. Terima kasih.

Jawaban :
kami juga menyayangkan hal tersebut, padahal kami meminta agar disnaker provinsi menginformasikan hal tersebut kepada dinas-dinas kabupaten/kota di wilayahnya, silakan anda mendaftar di dinas tenaga kerja provinsi jatim di surabaya


12-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Demak
Jisshusei | usia:21thn, pekerjaan:Jisshusei
Assalamualaikum
Bpk ibu yth,saya mau tanya apakah kegunaan kekerasan dalam pelatihan terutama pelatihan d cevest,jujur saya sngat sakit hati padahal dsni kami itu mnjadi kuli namun saat d platihan sngt ttersiksa dngn prlakuan sensei2 yang sdikit2 maen tangan,byangkanlah misalkan anak anda yang mndapatkan kekerasan tsb bgaimnakah perasaan anda, marilah mndidik dngan cara yg sehat gunakanlah hti insya allah akan lbh berkah,saya bsa mnilai ksalahan2 teman2 d cevest tdk selayaknya mndaptkan hkuman kekerasan. Apakah gunanya kekerasan tsbt klau dsini(d jpang) kmi hnya mnjadi kuli bgi orang jpng. Cobalah d fkirkan platihan mcam apa itu hanya membuat clon pserta magang stres & tertekan hati.seandainya orang tua kami tahu sperti apkah platihan tsb saya yakin orng tua kami pasti mnangis.tlong d renungkan untuk plathan slnjutnya

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
kami sama sekali tidak pernah mentolelir kekerasan, silakan beri masukan kepada kami siapa oknum yang melakukan kekerasan dimaksud ? kami akan sangat senang jika anda mau menginformasikan kepada kami, agar hal tersebut tidak pernah terjadi lagi


12-08-2014 | JAWA BARAT, Kab. Cirebon
ade | usia:40thn, pekerjaan:pengajar
Terima kasih disampaikan kepada yang terhormat menteri tenaga kerja dan transmigrasi RI cq. Dir. Binalattas dan Dir. IM japan yang telah merekomendasi pondok pesantren Gedongan Desa Ender Kec. Pangenan Kab. Cirebon Jawa Barat untuk melaksanakan rekrut calon peserta magang ke jepang bagi alumni pondok pesantren se jawa barat.
Kami selalu memohon bimbingan bapak untuk kesempurnaan rekrut berikutnya.

Jawaban :
terima kasih kembali


11-08-2014 | JAWA BARAT, Kab. Tasikmalaya
mahmudrifai | usia:24thn, pekerjaan:wiraswasta
aslam..saya mau konsultasi masalah registrasi .
apa waktu pendaftaran dan seleksi di adakn satu waktu.?

Jawaban :
pendaftaran dan seleksi dilakukan terpisah, pendaftaran dilaksanakan sebelum berlangsungnya tes seleksi


11-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Pekalongan
Lukman | usia:20thn, pekerjaan:Karyawan PT
Assalamuallaiqum wr.wb.
saya mau tanya pak... LBA Centralingua pelatihan pra seleksi magang jepang legal apa tidak pak..soalnya saya mau ikut magang tp takut salah pilih lembaga prlatihanya...kalo legal,apa tiap tahun dr pihak LBA Centralingua mrngirimkan siswa''a...terimakasih..

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
jika anda merasa khawatir, silakan lihat daftar lembaga tersebut pada program non im yang ada di kolom luar negeri, jika lembaga tersebut ada dalam daftar, maka program tersebut resmi


10-08-2014 | JAWA BARAT, Kab. Tasikmalaya
mahmudrifai | usia:24thn, pekerjaan:wiraswasta
mohon maaf untuk wilayah jabar kapan diadakan seleksi lagi yah.?

Jawaban :
barangkali tahun depan, jika ada permintaan dari daerah


10-08-2014 | SUMATERA UTARA, Kab. Simalungun
JOHAN | usia:25thn, pekerjaan:Wiraswasta
mohon jawaban'nya pak, saya sudah berumur 25 tahun, dan tahun depan saya sudah 26 tahun,
1. apakah tahun depan saya masih sempat mengikuti seleksi magang jepang tersebut ?
dikarenakan tahun ini saya masih mencari modal untuk biaya tersebut, mengingat biaya nya 10-25 juta. terima kasih

Jawaban :
jika mengikuti program non im japan, barangkali masih bisa, namun jika mengikuti program im japan sepertinya tidak bisa, karena saat tes seleksi umur maksimal adalah 26 tahun, juga mengenai biaya barangkali tidak sebesar itu


10-08-2014 | JAWA BARAT, Kab. Garut
rena wibawa | usia:26thn, pekerjaan:photografer
pa saya punya pertanyaan!kan saya sudah pernah magang ke jepang 3 tahun!apa ex jepang seperti saya,bisa berangkat lagi ke jepang pa?mohon bantuannya
Jawaban :
sampai saat ini belum ada permintaan resmi dari pihak jepang kepada kami, sehingga kami belum dapat merekomendasikan


09-08-2014 | JAWA BARAT, Kab. Indramayu
rian | usia:25thn, pekerjaan:karyawan
assalamu.alaikum
pak kenapa untuk seleksi jawa barat hanya diadakan 1 tahun sekali, padahal saya lihat untuk seleksi di jawa 1 tahun banyak sekali, yang sragen, yogya, boyolali blum lagi yg lain. dan tahun ini sragen ada 2x seleksi. kasian pak calon kenshuusei jabar yg umurnya mendekati 26 kalo harus nunggu 1 tahun 1x. saya tau ini disnakertrans jabar yg harus mengajukan, tapi seenggaknya bagaimana nasib kami yg umurnya hampir 26 jika disnakertrans tidak mengajukan. mau ikut non im biayanya kegedean

Jawaban :
wa;alaikum salam wr wb
rekrut dilaksanakan berdasarkan permintaan dari daerah, jika daerah meminta 1 kali, maka kami jadwalkan 1 kali, adapun yang 2 kali, karena daerah tersebut meminta 2 kali, komplain anda sebaiknya disampaikan kepada daerah anda sendiri


09-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Demak
wawan | usia:24thn, pekerjaan:wiraswasta
Assalamualaikum, mohon maaf sebelumnya. Saya sangat berminat sekali ikut program magang im japan ini pak. Tapi saya sudah menikah dan punya anak satu. Apakah masih di perbolehkan ikut? Ada info dari teman bahwa bagi yg sudah menikah katanya tidak bisa. Mohon pencerahannya. Terima kasih. Wassalammualaikum.
Jawaban :
wa;alaikum salam wr wb
sampai saat ini belum ada larangan bagi yang sudah menikah tidak boleh ikut program ini


09-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Boyolali
magang jepang | usia:22thn, pekerjaan:kenshusei
Sumimasenga. Kakunin untuk seleknas juni kira-kira kapan.


Jawaban :
barangkali yang dimaksud tes bahasa jepang? sekitar 2 bulan ke depan sejak diumumkannya hasil mcu


09-08-2014 | JAWA TIMUR, Kab. Banyuwangi
M Ryan Aldianto | usia:19thn, pekerjaan:serabutan
Bila umur 19 gk bisa ya..??
dan Biaya Pendaftaran atau keseluruhan berpa..??

Jawaban :
belum bisa, dan kami tidak memungut biaya


08-08-2014 | JAWA BARAT, Kab. Garut
Rohim | usia:24thn, pekerjaan:-
pak mau tanya,apakah entar pas tes bahasa ada soal kanji ? trima kasih
Jawaban :
hanya kanji dasar


08-08-2014 | JAWA BARAT, Kab. Cianjur
roshi | usia:33thn, pekerjaan:wiraswasta
Klo ex kensu mulai kapan pak pelaksanaannya,di LPK zein,itu udah perekrutan pembrangkatan desember 2014,bakan udah ada yg berangkat!!apakah program ini memang ada,atau program llain!mohon penjelasannya

Jawaban :
kami belum merekomendasikan program tersebut, sebab belum ada permintaan resmi dari pihak jepang


08-08-2014 | BANTEN, Kab. Tangerang
purdawan | usia:25thn, pekerjaan:-
Aslmlkm..
met siang Pak
Sy adlah peserta Expo2013 yg sdh lulus tes Bhs.jp remidi ke2
sblmny mhon maaf, kok kami blm juga mendptkan panggilan untuk pelatihan tahap 1? kira-kira kpan ya pak, karna sdh 2bln lbh kami menunggu
trmksh.

Jawaban :
wa;alaikum salam wr wb
mudah-mudahan pada angkatan berikutnya/bulan berikutnya akan dipanggil, karena pemanggilan berdasarkan permintaan dari jepang


08-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Banyumas
muhamad yoga pratama | usia:21thn, pekerjaan:-
untuk pemanggilan pelatihan tahap 2 di pusat untuk angkatan 254 yang tekisha kira-kira kapan pak?
Jawaban :
rencana ada pemanggilan tahap 2 tanggal 25 agustus 2014, namun untuk taikisha biasanya dimajukan 2 minggu


08-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Sukoharjo
bayu adi nugroho | usia:22thn, pekerjaan:mahasiswa
bisa minta alamat lengkap beserta nomor telepon dari Ponpes Jombang ? terimakasih.
Jawaban :
pondok pesantren mamba'ul ma'arif denanyar jombang, telp 0321 876455


08-08-2014 | DI YOGYAKARTA, Kab. Bantul
Ciputra | usia:22thn, pekerjaan:Pedagang, Freelance
Selamat Pagi, maaf sebelumnya Saya mau tanya apakah program pemagangan ke Japan ini setiap tahun selalu di adakan?
soalnya Saya sudah menyiapakan semua persyaratan buat ikut seleksi,

Apakah kira-kira akan di adakan tahun 2014 ini apa tahun depan?
dan biasanya di adakan awal tahun apa akhir tahun?
Terimakasih sebelumnya

Jawaban :
silakan lihat jadwal rekrutmen di kolom luar negeri pada website ini, mudah-mudahan daerah yang anda maksud termasuk yang sudah dijadwalkan


07-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Sragen
edi rinto | usia:23thn, pekerjaan:fokus magang
maaf, Sensei.
saya sudah mencari surat rekomendasi pembuatan paspor, tetapi depnakertrans Sragen sedang ada demo. jadi surat rekomendasi pembuatan paspor belum turun(belum d tanda tangani). seandainya saya d panggil untuk pelatihan daerah dan belum membawa paspor saya akan dipulangkan dan di anggap mengundurkan diri? saya sudah berusaha untuk membuat paspor tetapi dinas imigrasi tidak mau melayani jika belum ada surat rekomendasi dari depnakertrans.

Jawaban :
silakan berhubungan lagi dengan panitia daerah


07-08-2014 | LAMPUNG, Kota Bandar Lampung
Jhonatan Aditya | usia:24thn, pekerjaan:Swasta
Salam Sejahtera
saya ingin bertanya apakah ada pelatihan kemampuan kerja dasar (pengelasan/pengecatan/dll) di dalam program ini??
jika tidak, adakah lembaga yang menyediakan pelatihan tersebut??
dikarenakan basic saya sarjana perikanan dan tidak memiliki kemampuan dasar di lowongan kerja yang ada

Terimakasih
salam sukses

Jawaban :
untuk hal tersebut silakan berhubungan dengan dinas tenaga kerja setempat, mudah-mudahan dapat memenuhi apa yang anda inginkan


07-08-2014 | JAWA BARAT, Kab. Majalengka
Dede firman | usia:24thn, pekerjaan:Mahasiswa
Assalamu'alaikum,,
maaf mau bertanya lagi..
apakah kalau mau daftar magang harus tunggu informasi dibuka pendaftaran di disnakertransnya?
atau bisa langsung datang ke disnakertras provinsi kapan saja?? maslahnya di daerah saya minim informasi terkait,, sehingga dibuka dan di tutupnya pendaftaran tidak diketahui,,
terimakasih informasinya..

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
daerah akan buka pendaftaran jika rekrutmen/seleksi sudah dijadwalkan, jika tidak maka tidak akan di buka pendaftaran, untuk informasi silakan lihat jadwal rekrutmen yang ada di kolom luar negeri di website ini


07-08-2014 | RIAU, Kab. Rokan Hilir
mulyono | usia:24thn, pekerjaan:swasta
saya pernah ikut serta dalam pemagangan terus gak lulus ... pertanyaan saya paspor saya masi belum ada konfirmasi di kembalikan?
Jawaban :
jika melalui program im japan masih tersimpan, dan yang bersangkutan yang langsung minta


06-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Cilacap
agus | usia:31thn, pekerjaan:swasta
menindak lanjuti tentang ex,, kata Bapak belum ada program ex bisa dipekerjakan kembali,tetapi di daerah kami ada LPK yg sudah mengeluarkan program bisa di pekerjakan kembali,bahkan biayanya sampai 65jt. bagaimana itu pak.bisa di pertanggung jawabkan apa tidak? dan itu legal apa bukan pak? Terimakasih.
Jawaban :
sepanjang pengetahuan kami belum ada lpk yang meminta rekomendasi kepada kami, sehingga patut dipertanyakan, saran kami untuk tidak mengikutinya


06-08-2014 | DI YOGYAKARTA, Kota Yogyakarta
Yanto | usia:19thn, pekerjaan:Pengangguran
Syarat
.
.
8) Fisik tidak : Cacat, Patah Tulang, Tuli, Hernia, Penyakit Kulit, Kaki Semper, Kaki O, Kaki X, Disfungsi organ tubuh, Buta Warna, Silindris, bekas operasi (bekas kecelakaan, luka bakar, usus buntu, karena penyakit), Estetika (penampilan fisik).

��Klu bekas operasi ambeyen dan sinusitis gimana.

Jawaban :
jika tidak mengganggu dalam aktivitas yang berat tidak masalah


06-08-2014 | SUMATERA BARAT, Kab. Agam
rajendra mufthi | usia:21thn, pekerjaan:kenshusei
Pak. saya angkatan 252 . perusahaan saya di cancel ketika pelatihan di daerah. itu kira" pemanggilan untuk saya ke cevest dan dapat perusahaan baru lagi kapan ya pak.?
terima kasih.

Jawaban :
biasanya proses untuk penempatan kembali memerlukan waktu paling cepat 2 bulan


06-08-2014 | DI YOGYAKARTA, Kab. Gunung Kidul
adity | usia:22thn, pekerjaan:ob
Mba saya sudah lulus mcu tp sy tiba" menderita alergi gatal" semacam giduan. Biasanya gatelnya pas keadaan dingin.
Berpengaruh nga mba saat mcu di pladta' mcu di pusat, dan sampe mcu di jepang.

Jawaban :
ya, akan berpengaruh


06-08-2014 | DKI JAKARTA, Jakarta Barat
Rama | usia:25thn, pekerjaan:Wiraswasta
Assalamualaikum
maaf pak jika ktp d tempat seleksi blm berlaku 2 tahun bisa daftar g ??karena baru pindah rumah.

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
harus 2 tahun dulu mas


06-08-2014 | JAMBI, Kab. Kerinci
Andrico Safutra | usia:22thn, pekerjaan:Tenaga Honorer
apakah syarat utama, yaitu kesemaptaan mutlak tinggi minimal pria 160 cm ?
adakah cara lain buat kami yang bertubuh pendek untuk ikut magang ke jepang ?

Jawaban :
mohon maaf itu sudah persyaratan, tidak dapat ditoleransi


05-08-2014 | JAWA BARAT, Kota Bandung
Fajar | usia:19thn, pekerjaan:MahasiswA
pak... point persyaratan ''Biaya yang Diperlukan Peserta Selama Prose s Seleksi dan Pelatihan Pra Pemberangkatan'' apakah itu biaya real dari kita..?
terus yang kedua ika kita ingin mengikuti magang jepang ini apakah kita harus mempunyai pengalaman kerja terlebih dahulu atau tidak..
sebelumya terima kasih.

Jawaban :
tentunya selama proses seleksi dan pelatihan tahap 1 peserta memerlukan makan, minum, penginapan dan lain-lain, peserta yang menaggung sendiri, kami tidak menyiapkan, sedangkan mengenai pengalaman kerja diperlukan bagi lulusan sekolah non teknis yang tidak memiliki sertifikat latihan kerja


05-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Klaten
joko | usia:23thn, pekerjaan:-
Saat Pendidikan didaerah dan Dipusat apakah ada kemungkinan dipulangkan karena faktor "BIAYA" ....
mohon penjelasan...dipulangkan karena masalah biaya.."
terima kasih

Jawaban :
jika masalah biaya tidak mengganggu proses belajar tidak ada yang dipulangkan


05-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Sukoharjo
bayu adi nugroho | usia:22thn, pekerjaan:mahasiswa
informasi untuk pendaftaran Tes Seleksi diPonpes Jombang, Jawa Timur prosedur dan pelaksanaannya bagaimana ? tempat dimana ?
Jawaban :
silakan datang langsung ke ponpes yang bersangkutan


05-08-2014 | BENGKULU, Kab. Bengkulu Utara
ismail | usia:20thn, pekerjaan:bntu ortu
tahun 2014 d'bengkulu apa msih bkak pndaftran pak, klau bkak' kpn wktuny 'soalny sya tany disnaker bngklu ktny bukak' tapi sya liat d'web.bngklu gx bkak'
trmksh ats jwbnny

Jawaban :
belum dapat dijadwalkan


04-08-2014 | JAWA BARAT, Kab. Tasikmalaya
abdul azis | usia:20thn, pekerjaan:pencaker
asss....
saya berdomisili di jabar
1.kalo misalkan sya ikut tes di dki jakarta bisa gak pa
2. kalo ikut tes di ikopin bisa gak pa sedangkan saya bukan mahasiswa ikopin

Jawaban :
1. tidak bisa
2. anda harus menjadi mahasiswa ikopin terlebih dahulu


04-08-2014 | JAWA BARAT, Kab. Bandung
Asep | usia:21thn, pekerjaan:Operator
Ass,,
Pak untuk sisa peserta seleksi expo 2013 kapan kira-kira masuk pelatda? Dan untuk tempatnya dimana kira-kira??
Terimakasih

Jawaban :
mudah-mudahan secepatnya ada permintaan dari jepang, dan dapat dipanggil, masalah tempat kami akan berusaha mencarikan tempat yang meringankan peserta


04-08-2014 | SUMATERA UTARA, Kab. Deli Serdang
julius | usia:26thn, pekerjaan:bantu ortu
pak mau tanya usia saya 26 lewat 5 bulan. bulan 3 tahun 2015 usia saya 27 tahun apakah saya masih bisa ikut test.mohon pencerahanya tks
Jawaban :
mohon maaf, saat seleksi umur tidak boleh lebih dari 26 tahun


04-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Karanganyar
hery | usia:24thn, pekerjaan:swasta
pak dalam pengumuman jadwal platihan tahap 2 dcevest adik saya sudah tertulis brangkat k cevest tgl 2 ,kq setelah penutupan sragen bisa dipulangkan pak?! Mohon penjelasannya
Jawaban :
karena tidak lulus evaluasi bahasa, sehingga harus mengulang lagi


04-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Tegal
jaelani | usia:28thn, pekerjaan:nganggur
apakah bener ada lowngan untuk ex magang yg bagian tekkin untuk kmbli kerja ke jepang bagian kontruksi?
Jawaban :
kami belum mengatahui hal tersebut


04-08-2014 | JAWA TIMUR, Kota Pasuruan
Aliffani Rahmandia | usia:21thn, pekerjaan:Mahasiswa
saya mempunyai keinginan untuk magang ke Jepang,untuk wilayah Jawa Timur itu pendaftarannya bagaiman dan apakah saya harus bisa bahasa Jepang?
terima kasih dan ohon untuk dijawab

Jawaban :
pendaftaran dilaksanakan di kantor dinas tenaga kerja provinsi jatim di surabaya, silakan langsung datang, dan tidak perlu bisa bahasa jepang dulu


03-08-2014 | BALI, Kab. Tabanan
sri | usia:30thn, pekerjaan:pns
saya mau buat sk kegiatan pemagangan, tolong dibantu, terima kasih
Jawaban :
mohon maaf kami kurang memahami maksud anda, yang dimaksud kegiatan magang apa?


03-08-2014 | JAWA BARAT, Kab. Bandung
Frangky Timothy Mayoru | usia:19thn, pekerjaan:Siswa
Pa saya mau tanya kalau ikut magang disini kira kira apa saja yang harus benar benar disiapkan? saya masih bingung dengan transportasinya..
Terima kasih

Jawaban :
mohon maaf kami kurang memahami maksud anda, maksudnya magang apa, dan dimana?


03-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Cilacap
agus | usia:31thn, pekerjaan:swasta
apakah sekarang sudah ada program untuk yang ex jepang bisa di pekerjakan kembali di jepang pak?
Jawaban :
belum ada mas


02-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Kebumen
rakhmat jazuli | usia:24thn, pekerjaan:-
Assalamualaikum.mau tanya,untuk pemanggilan pelatda 1,peserta hasil remidi bahasa,yang diadakan di cevest tanggal 14juli 2014,kapan dan didaerah mana tempat pelaksanaan pelatdanya pak.terima kasih.

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
mohon maaf kami belum menerima permintaan dari pihak jepangnya, masalah tempat kami akan berusaha mencarikan tempat yang tidak memberatkan peserta


01-08-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Purbalingga
Prasojo | usia:24thn, pekerjaan:pengangguran
saya dari kabupaten purbalingga
apakah saya dapat ikut rekruitmen/pendaftaran dari kota lain?
thanks

Jawaban :
harus sesuai dengan domisili, tidak dapat mendaftar di provinsi lain


01-08-2014 | JAWA BARAT, Kab. Majalengka
Dede Firman Ramdani | usia:24thn, pekerjaan:Mahasiswa
Assalamu'alaikum,,
saya tertarik dengan program pemagangan ke Jepang,,
saya domisili di bekasi,, apakah saya bisa langsung ikut tes yang ada di cevest bekasi? atau prosedurnya harus bagaimana terlebih dahhulu,,
dan kira" kapan ada tes nasional lagi di cevest?
terimakasih sebelum nya
wassalamu'alaikum..

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
jika anda berdomisili di bekasi anda dapat mengikuti di jawa barat, atau barangkali dki jakarta dapat menerima peserta bodetabek, silakan datang langsung ke kantor dinas tenaga kerja provinsi dki jakarta, untuk seleksi nasional belum ada rencana lagi untuk diadakan


01-08-2014 | JAWA BARAT, Kab. Cirebon
anwar | usia:21thn, pekerjaan:pelajar
maaf sebelumnya senshei
mohon di jelaskan untuk prosedur pendaftran di ikopin bagaimana senshei ?
saya mau daftar di ikopin setelah gagal di jabar disnakertrans jabar. Tksh

Jawaban :
silakan datang langsung ke ikopin


01-08-2014 | JAWA BARAT, Kab. Bekasi
Arif Ramdani | usia:20thn, pekerjaan:Karyawan Swasta
Pak mau nanya !
saya mau ikut pemagangan tapi posisi sya msih kerja .. seumpama lolos rekrutmen trus ikut seleksi apa bleh psisi sya msih bkrja ..ttep dijlankan
...
trmakasih

Jawaban :
prinsipnya pada setiap tahapan seleksi anda hadir tidak masalah


31-07-2014 | JAWA BARAT, Kab. Cirebon
andri | usia:25thn, pekerjaan:Pns
Kasihan Para muslimin di jepang, bisa jadi 5 rokaat di ganti dengan YEN. nauudzubillah. baru tahu ternyata indonesia menyediakn program yang di dalam nya membiarkan putra putrinya menelan dosa dosa. Kelihatan belum dewasa nya Negara ini.

24-07-2014 | BENGKULU, Kab. Bengkulu Utara
Dede | usia:20thn, pekerjaan : pengangguran
maaf pak,sya mau tanya'waktu kita udah mgang d'jepang'kita d'ksih wktu untuk ibadah tidak' agama sya islam pak'krna saya tidak mau meninggalkan sholat saya

Jawaban :Jika itu menjadi masalah bagi anda sebaiknya tidak mengikuti program ini, karena jepang bukan negara islam seperti di kita

Pak saya sangat kecewa dengan jawaban anda, jawaban anda sangat tidak bijaksana, tidak mencerminkan sebagai orang yang mengutamakan tuhan. saya tau agama anda pun islam, harusnya anda faham mengenai masalah ini. sholat itu adalah kewajiban kita sebagai muslim. hal yang pertama nanti akan dihisab adalah sholat tapi anda dengan mudahnya memberikan jawaban seperti itu, apakah anda tidak berfikir ?
mengapa semuanya hanya urusan dunia yang diutamakan padahal jelas2 allah berfirman dalam al-qur.an, "wa maa kholaqtul jinna wal insa illaa liya'buduun" dan tidaklah kami ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah (kepadaku).

Jangan mentang2 kami kenshuusei sehingga anda bisa membuat aturan seenak perut anda. Jawaban anda seolah2 mengatakan kepada kami bahwa tidak ada toleransi untuk agama islam beribadah di jepang, artinya anda tidak menghargai agama anda sendiri. Padahal kenyataannya di jepangpun ada islam dan mereka mentoleransi agama apapun untuk beribadah. Jadi jangan dijadikan alasan IM atau perusahaan jepang melarang kami beribadah disana, itu hanya aturan anda saja yang dibuat2 pak karena anda takut dengan kami beribadah walau hanya 5 menit saja itu akan mengganggu kerja kami sehingga nantinya anda akan ditegur oleh perusahaan jepang / IM karena anda mengirimkan kenshuusei yang kurang layak padahal pada hakikatnya dengan senantiasa mengingat tuhan kapanpun dan dimanapun hidup akan akan selalu berada dalam jalan yg lurus.
Ingat pak, siapa yang memberikan kita rezeki ?
Apakah anda akan jadi manusia kufur, ketika anda sudah diberi rezeki tapi anda melupakan begitu saja kepada dia yang telah memberi anda rezeki..?
Apapun alasan anda, Lain kali kalo jawab think dulu pak jangan asal jeplak saja..''...

Jawaban :
mas andri yang saya hormati, program ini bukan paksaan, kami juga tidak mengharapkan para peserta tidak beribadah, bahwasannya urusan agama adalah urusan yang paling pribadi, saat di pelatihan dan saat sosialisasi hal tersebut sudah disampaikan, kami berasumsi pendapat anda bahwa kami harus memaksakan orang jepang yang menerima peserta magang harus memberikan waktu khusus untuk beribadah kepada anak-anak indonesia, hal tersebut sangatlah tidak mungkin, ingat bahwa orang jepang sangat sedikit sekali pengetahuannya tentang islam, dan di jepang kondisinya sangat berbeda dengan di indonesia, tidak ada larangan untuk beribadah selama tidak mengganggu proses magang, tergantung pesertanya sendiri


31-07-2014 | DI YOGYAKARTA, Kota Yogyakarta
Arista | usia:22thn, pekerjaan:Pns
Selamat sore
Maaf mau tanya jika ada kenshusei yang di jepang dalam mengikuti ujian negara yang di adakan pada tahun pertama,jika tidak lulus apa langsung dipulangkan tanpa pemberitahuan?mohon penjelasannya

Jawaban :
jika tidak lulus masih diberikan kesempatan mengulang


31-07-2014 | BANTEN, Kab. Tangerang
PURDAWAN | usia:25thn, pekerjaan:-
Aslmlk.. met siang pak
sy mau menanyakan, dimana untuk mencari alamat tempat2 pelthn 1
krn sy sdang menunggu pemanggilan pelathn 1 yg akn ditempatkan di DIY
dan sy tdk thu almtny.
mhon informsiny pak.. Trimksh

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
tempat pelatihan tahap 1 ditentukan oleh daerah, sebaiknya anda menghubungi/mendatangi panitia daerah di dinas tenaga kerja tempat pelatihan tahap 1


30-07-2014 | DKI JAKARTA, Jakarta Timur
BISKER SITUMORANG | usia:20thn, pekerjaan:buruh
pak,dimana ada seleksi untuk seleksi non muslim untuk daerah DKI atau untuk propinsi lain,atau siapa yang bisa di hubungi??
Jawaban :
saat ini belum ada lagi program tersebut


30-07-2014 | DI YOGYAKARTA, Kab. Sleman
Yanto | usia:19thn, pekerjaan:Pengangguran
24-07-2014 |DI YOGYAKARTA, Kab. Sleman
Yanto|usia:19thn,pekerjaan:Penganguran
Saya punya
1.luka bekas kena kaca di muka sekitar 1cm.
2.penyakit sinusitis dan ambeyen/wasir.
3.pernah operasi amandel.
4.seandainya wasir dan sinusitis sudah sembuh setelah operasi,apa bisa lolos seleksi
Dengan keadaan seperti itu apa masih bisa lolos seleksi,dan magang ke jepang.
Jawaban :
Kelulusan seleksi tidak hanya ditentukan oleh masalah itu saja, namun ada hal lain yang harus dilalui...



Sya tahu klu kelulusan seleksi di pengaruhi banyak faktor.
Maksud pertanyaan saya adalah apakah keadaan seperti itu mengjadi salah satu faktor ketidak lolosan.
Klu itu membuat tidak lolos, apakah ada solusinya.
Trimakasih

Jawaban :
semua ada solusinya, silakan persiapkan diri anda sebaik-baiknya


29-07-2014 | JAWA TIMUR, Kab. Trenggalek
laeli rahmawati | usia:22thn, pekerjaan:swasta
mau tanya pak,,untuk program magang buat cewe ada kan pak..??
soalnya dulu (belum lama ini) ada temen cewe saya yg ikut magang ke jepang lewat IM pak...
mohon penjelasanya...

Jawaban :
program tersebut sifatnya temporer, tidak selalu ada, selama 21 tahun program ini, baru sekitar 4 orang saja, itupun karena permintaan khusus perusahaan


29-07-2014 | DKI JAKARTA, Jakarta Timur
andi | usia:25thn, pekerjaan:wirausaha
maaf pak menanggapi pertanyaan yang sama

24-07-2014 | BENGKULU, Kab. Bengkulu Utara
Dede | usia:20thn, pekerjaan : pengangguran
maaf pak,sya mau tanya'waktu kita udah mgang d'jepang'kita d'ksih wktu untuk ibadah tidak' agama sya islam pak'krna saya tidak mau meninggalkan sholat saya

Jawaban :Jika itu menjadi masalah bagi anda sebaiknya tidak mengikuti program ini, karena jepang bukan negara islam seperti di kita

Pak saya sangat kecewa dengan jawaban anda, jawaban anda sangat tidak bijaksana, tidak mencerminkan sebagai orang yang mengutamakan tuhan. saya tau agama anda pun islam, harusnya anda faham mengenai masalah ini. sholat itu adalah kewajiban kita sebagai muslim. hal yang pertama nanti akan dihisab adalah sholat tapi anda dengan mudahnya memberikan jawaban seperti itu, apakah anda tidak berfikir ?
mengapa semuanya hanya urusan dunia yang diutamakan padahal jelas2 allah berfirman dalam al-qur.an, "wa maa kholaqtul jinna wal insa illaa liya'buduun" dan tidaklah kami ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah (kepadaku).

Jangan mentang2 kami kenshuusei sehingga anda bisa membuat aturan seenak perut anda. Jawaban anda seolah2 mengatakan kepada kami bahwa tidak ada toleransi untuk agama islam beribadah di jepang, artinya anda tidak menghargai agama anda sendiri. Padahal kenyataannya di jepangpun ada islam dan mereka mentoleransi agama apapun untuk beribadah. Jadi jangan dijadikan alasan IM atau perusahaan jepang melarang kami beribadah disana, itu hanya aturan anda saja yang dibuat2 pak karena anda takut dengan kami beribadah walau hanya 5 menit saja itu akan mengganggu kerja kami sehingga nantinya anda akan ditegur oleh perusahaan jepang / IM karena anda mengirimkan kenshuusei yang kurang layak padahal pada hakikatnya dengan senantiasa mengingat tuhan kapanpun dan dimanapun hidup akan akan selalu berada dalam jalan yg lurus.
Ingat pak, siapa yang memberikan kita rezeki ?
Apakah anda akan jadi manusia kufur, ketika anda sudah diberi rezeki tapi anda melupakan begitu saja kepada dia yang telah memberi anda rezeki..?
Apapun alasan anda, Lain kali kalo jawab think dulu pak jangan asal jeplak saja..
moushiwake gozaimasen
terimakasih



Jawaban :
mas andi yang saya hormati, memang betul jika sudut pandangnya dari segi agama maka pendapat anda 100% benar, namun sekali lagi kami sampaikan bahwa program ini adalah pilihan, bukan program paksaan, dan selama di jepang tidak ada larangan untuk melakukan ibadah selama tidak mengganggu jam kerja, namun jika kami harus memaksakan bahwa perusahaan di jepang harus mengkondisikan seperti di indonesia, maka hal tersebut sangat tidak mungkin, sekali lagi bahwa masalah ibadah tergantung pada niat pesertanya sendiri, kami tidak ingin berpolemik dengan masalah ini, sebab selama kurun waktu 20 tahun lebih hal ini tidak pernah menjadi masalah, hanya segelintir orang saja yang mempermasalahkannya, jika masalah ibadah menjadi masalah barangkali program ini sudah di tutup, kami tetap menyeimbangkan antara urusan dunia dan akhirat


29-07-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Brebes
badri | usia:21thn, pekerjaan:kenshuusei
maaf boleh tanya , Apa saja kerugian bagi seseorang yang mengundurkan diri dari pekerjaan magang di jepang?
Jawaban :
yang jelas semua haknya hilang, seperti asuransi, sertifikat, tiket pesawat, dan dana usaha mandiri tidak akan didapatkan


27-07-2014 | JAWA TIMUR, Kab. Sidoarjo
Khoirul Rokhim | usia:20thn, pekerjaan:Operator Warnet
Pendaftaran di daerah surabya/sidoarjo kapan ya ?
Jawaban :
Pendaftaran dilaksanakan sebelum tes seleksi sebagaimana yang tertera dalam jadwal seleksi


25-07-2014 | LAMPUNG, Pesawaran
farel | usia:22thn, pekerjaan:turut orang tua
maf pak saya mau ytanya,untuk rekrut nasional atau expo kpn kira kira akan di adakan lagi?masih sama bulannya atau mau di majukan?
Jawaban :
Belum ada rencana lagi untuk dilaksanakan


25-07-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Wonosobo
dwi | usia:23thn, pekerjaan:peserta magang
aslkum..
saya mau tanya pak,untuk peserta yg kmaren lulus tes bahasa tgl 10-11 juli 2014 wilayah jateng ,itu masuk angkatan berapa pak? dan kapan mulai masuk pelatihan tahap 1?? trimakasih..

Jawaban :
Kepastiannya belum bisa ditentukan, karena ada beberapa peserta dari daerah lain, barangkali akan dibagi dalam beberapa angkatan


25-07-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Sragen
edi rinto | usia:23thn, pekerjaan:belajar di lpk
maaf, saya yang kemarin remidi expo yang ke 3 sensei.maaf, kira kira pelatihan 1 saya di mana?
Jawaban :
Tempat pelatihan masih dalam pembahasan, kami akan berusaha untuk meringankan peserta


25-07-2014 | JAWA BARAT, Kota Bandung
asep | usia:22thn, pekerjaan:kuli
ass...
Maaf Pak, kan yg sudah lulus mcu nanti di sarankan untuk bikin paspor stelah tes bahasa buat pendidikan.
Nanti stelah di umumkan lulus tes bahasa kita harus bawa paspor ke cevestnyakan
Pertanyaan nya bagai mana kalo paspor kita masih dalam peroses. ini kan yg buat pemerintah jadi kita gk bisa nentuin waktu kapan selesainya ,apakah kita di berikan keringanan karna kami sudah berusaha semaksimal mungkin...

Jawaban :
Jika sudah dalam proses akan diberikan toleransi


25-07-2014 | JAWA TIMUR, Kab. Bojonegoro
FIrmansyah | usia:18thn, pekerjaan:Pelajar
Saya ingin bertanya, apa saja syarat paling utama yang harus saya penuhi jika ingin mengikuti program magang ke Jepang ? Bisakah dijelasakan
Jawaban :
Silakan baca persyaratan yang ada di kolom luar negeri


24-07-2014 | BENGKULU, Kab. Bengkulu Utara
Dede | usia:20thn, pekerjaan:pengangguran
maaf pak,sya mau tanya'
waktu kita udah mgang d'jepang'
kita d'ksih wktu untuk ibadah tidak'
agama sya islam pak'
krna saya tidak mau meninggalkan sholat saya

Jawaban :
Jika itu menjadi masalah bagi anda sebaiknya tidak mengikuti program ini, karena jepang bukan negara islam seperti di kita


24-07-2014 | JAWA BARAT, Kota Bekasi
Syahruddin siregar | usia:19thn, pekerjaan:pelajar
sore bapak/ibu,,saya mau nanya kapan pengumuman hasil MCU diberitahukan untuk pemagangan ke jepang khusus rekruitmen PT Yokohama Ruber..terimakasih
Jawaban :
Mohon maaf kami tidak menangani hal tersebut


24-07-2014 | JAWA BARAT, Kab. Bogor
Zainu Rochman | usia:18thn, pekerjaan:Baru lulus sekolah kejuruan
Assalamu'alaikum Wr.Wb
Pak umur saya 18th, Bisakah saya mengikuti program pemagangan ini..??
klau soal Niat dan keseriusan, saya sudah benar2 serius sekali untuk mengikuti program ini..
dan tadi pagi saya sudah mendaftar.. kira2 apa lagi yang harus saya lakukan..??
Terimakasih Banyak Pak ^_^

Jawaban :
Wa'alaikum salam wr wb, mohon maaf usia minimal adalah 19 tahun 6 bulan saat seleksi, jadi umur anda masih kurang


24-07-2014 | DI YOGYAKARTA, Kab. Sleman
Yanto | usia:19thn, pekerjaan:Penganguran
Saya punya
1.luka bekas kena kaca di muka sekitar 1cm.
2.penyakit sinusitis dan ambeyen/wasir.
3.pernah operasi amandel.
4.seandainya wasir dan sinusitis sudah sembuh setelah operasi,apa bisa lolos seleksi

Dengan keadaan seperti itu apa masih bisa lolos seleksi,dan magang ke jepang.


Jawaban :
Kelulusan seleksi tidak hanya ditentukan oleh masalah itu saja, namun ada hal lain yang harus dilalui


24-07-2014 | SUMATERA BARAT, Kota Padang
toni | usia:26thn, pekerjaan:buruh
assalamualaikum wr.wb. pak kalau usia 26 tahun 1bulan, apa bisa saya ikut seleksi?... .kabarnya depnaker 01-09 2014 sampai 05-09-2014 udah bisa rekrutmentasi orang.jadi usia 26 tahun lebih bulan bagaimana?...mohon kasih toleransi pak. soalnya provinsi sumbar,banyak teman saya yang nggagur,tolonglah pak untuk umur 26 bulan lebih ini. karena ini salah satu jalan yang aku pintas,semoga pak bisa ngerti dengan keadaan ini, mudah2 doa saya bisa terkambul ya allah, kami ucapkan wasalam
Jawaban :
Wa'alaiku salam wr wb, Khusus program im japan masalah usia tidak bisa ditoleransi, barangkali ada program non im japan yang bisa memberikan toleransi umur


23-07-2014 | DKI JAKARTA, Jakarta Utara
theo | usia:21thn, pekerjaan:wiraswasta
klo gigi di cabut harus di ganti apa engga usah? makasih
Jawaban :
Jika hanya satu tidak masalah


23-07-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Kendal
Darmadi | usia:31thn, pekerjaan:PNS
mau tanya Pak, Bu,
Pertanyaan saya
1.Kalau magang tapi tidak ada lembaga pemaganganya bisa atau tidak ?
2.Permennakertrans Per.22/MEN/IX/2009 Tanggal 30 sept 2009 Tentang Penyelenggaraan Pemagangan di dalam negeri masih berlaku atau ada Perubahanya.

Jawaban :
1 jika yang dimaksud pemagangan dalam negeri lembaga penyelenggaranya adalah perusahaan
2 permen dimaksud masih berlaku


23-07-2014 | BANTEN, Kab. Tangerang
Rizki | usia:21thn, pekerjaan:Tidak Bekerja
Assalamualaikum.
Mohon tanya apakah Pelatihan Tahap 1 Semarang hanya berisikan 30 org saja, apa masih akan ditambahs??
Lalu jika memang benar hanya segitu kira-kira kapan akan ada pelatihan tahap 1 selanjutnya??
Karena kami peserta expo 2013 hanya karena kami her kenapa selalu dibelakangkan banyak rekrut sebelum kami malah sudah banyak yang dipanggil pelatihan tahap 1 apa kami diragukan dalam bahasa karena jujur setelah her kami malah terpacu untuk giat belajar tak.ingin mendapatkan sandungan lagi untuk berangkat.
Mohon tanggapan bijaksananya.
Terimakasih.
Wassalamualaikum wr wb.

Jawaban :
Wa'alaikum salam wr wb
pemanggilan peserta berdasarkan permintaan/order dari jepang, masukan anda akan kami tindak lanjuti pada pihak im japan


23-07-2014 | JAWA BARAT, Kab. Bekasi
syamsul arifin | usia:19thn, pekerjaan:karyawan suwasta
asalamualaikum .wr.wb. selamat siang.
saya mau kosultasi untuk pemagangan ke jepang. bulan april 2013, saya ikut seleksi pemagangan ke jepang, tahap demi tahap saya lalui dan sayapun lolos sampai tahap medikal chek up. kemudian bulan agustus 2013.
saya mengikuti pelatihan di jogja , kurang dari 2 bulan saya gugur di pelatihan dengan alasan nilai ujian saya kurang, . setelah pulang dari jogja sekarang saya sudah bekerja . tapi niat saya masih besar untuk berangkat ke jepang apa saya masih bisa daftar kembali , jika bisa bagaimana sarat saratnya, trimakasih

Jawaban :
Wa'alaikum salam wr wb
Masih bisa dengan syarat harus mengikuti seleksi dari awal


23-07-2014 | BENGKULU, Kab. Bengkulu Utara
dede ismail | usia:20thn, pekerjaan:wiraswasta
pak..'mau tany' materi tes wawancarany ap aj y?
Jawaban :
saat pengarahan di seleksi akan diberi materi tersebut


22-07-2014 | DKI JAKARTA, Jakarta Utara
Ahmad | usia:20thn, pekerjaan:Operator Warnet
maaf , kalau dicabut jadi ompong gpp gtu pak ?
Jawaban :
ompong geraham dan tidak lebih dari 2 dan tidak berderet, tidak apa-apa


22-07-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Temanggung
MUHAMMAD ZAENUDIN | usia:24thn, pekerjaan:CALON PEMAGANG
Selamat siang admin, saya Zaenudin, calon peserta magang Jepang rekrut DIY Maret 2014 lalu. Saya sudah memenuhi standar pada tes bahasa pertama 10 Juni 2014 yang lalu. Akan tetapi belum dipanggil ke pelatihan daerah tahap 1, padahal teman2 yang lain sudah masuk di angkatan 256 yang mulai di Jogja 3 Juli 2014 lalu. Sebagai tambahan informasi saya dan teman-teman yang belum dipanggil adalah nomor akhir (351-435). Kemudian ketika ada pemanggilan angkatan 257 di Semarang, nama saya dan teman-teman (9 orang) belum tercantum juga. Sebagai catatan, rekrut DIY dan Semarang lebih awal Jogja. Yang saya ingin tanyakan:
1. Kapan kira-kira pelatihan daerah selanjutnya? Apakah pelatda tetap diadakan di Jogja?
2. Apakah kami nantinya akan ikut angkatan 257 atau selanjutnya?
3. Apakah pelatda kami bersama teman2 yang memenuhi standar pada remidi ke 2 atau tidak?
4. Dan, apa sajakah dokumen yang dibawa saat pelatda? Apakah dokumen asli dan fotokopi, foto keluarga + rumah, passport, dll dibawa saat pelatda?

Sekian pertanyaan dari saya, saya sangat berterimakasih ada medium seperti ini untuk menjembatani seputar program ini, Mohon tanggapannya. Terima kasih.

Jawaban :
1. mudah-mudahan anagkatan berikutnya, dan jika di yogya sudah habis pesertanya akan disertakan didaerah terdekat
2. masih menunggu permintaan pihak jepang
3. bisa ya bisa tidak, tergantung jepangnya
4. ya dibawa semuanya


22-07-2014 | JAWA BARAT, Kab. Indramayu
diki | usia:24thn, pekerjaan:karyawan
assalamu.alaikum sensei, ada beberapa poin yang ingin saya tanyakan.
1. saya membaca dari berita media cetak kata menteri perekonomian jepang untuk orang asing termasuk pemagang mulai th. 2015 katanya akan diberlakukan bebas visa, apakah itu betul..?
2. Untuk program magang yang 5 tahun mulai kapan diberlakukannya pak ?
3. untuk soal2 tes termasuk bahasa apakah materinya sama seperti tahun2 sebelumnya..?
mungkin itu saja pertanyaan saya, saya sangat mengapresiasi program pemagangan ini yang peraturannya benar2 disiplin mulai dari proses seleksi sampai pemberangkatan. Beda halnya dengan tki ke korea walaupun resmi melalui bnp2tki tapi masih banyak mafia2 brengsek yang memungut uang para calon tki.
Tapi satu yang kurang dari pemagangan ini pak, sekedar usulan saja rata2 kan pasti yang ingin magang ini kebanyakan dari keluarga tidakp mampu jadi mohon disediakan program peminjaman seperti yang dilakukan bnp2tki yang kerja ke korea. Jadi program ini dirasa akan semakin lebih baik, tentu dengan ini minat wni yang ingin magang ke jepang akan semakin bertambah sehingga bisa meningkat pula devisa yang masuk ke indonesia. Jadi inilah yang disebut simbiosis mutualisme, tidak ada pihak yang merasa dirugikan tapi sama2 untung.
Dan mungkin dari Menakertrans binalattas pusat pun tidak hanya sekedar menyerahkan kepada disnakertrans masing2 provinsi, sehingga mungkin dengan tidak adanya peraturan wajib tentang adanya program peminjaman bagi kenshuusei ada disnaker yang tidak menyediakan program peminjaman karena ini dianggapnya bukan peraturan yang wajib dari pusat tapi hanya sekedar anjuran.
Mungkin cukup sekian pertanyaan dan usulan dari saya..
sumimasen..
Doumo arigatou gozaimasu
Wassalamu.alaikum

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
1. pihak kami belum menerima permintaan resmi dari pemerintah jepang, sehingga belum dapat mengambil sikap
2. jawaban kami sama dengan nomor 1
3. saat ini masih sama dengan tahun lalu
mengenai program pinjaman, hal tersebut pihak jepang masih keberatan karena program ini program pelatihan


22-07-2014 | ACEH, Kab. Bireuen
afzalul mizan | usia:22thn, pekerjaan:wiraswasta
saya ingin ikut pemagangan ke jepang
Jawaban :
silakan hubungi dinas tenaga kerja setempat


21-07-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Banyumas
muhamad yoga pratama | usia:21thn, pekerjaan:kenshusei
assalamualaikum..
saya mau tanya untuk angkatan 254 kan tidak semuanya langsung berangkat ke pelatihan tahap 2 di ceves.. ada gelombang 1 dan gelombang 2.. untuk angkatan 254 jadwal keberangkatan ke jepang sekitar tgl 25 september..,
nah yang ingin saya tanyakan untuk yang berangkat mengikuti pelatihan tahap 2 di pusat gelombang 2,, jadwal berangkat ke jepang sama seperti yg masuk pelatihan gelombang 1 apa ikut yg angkatan berikutnya 255..
terimakasih

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
biasanya disertakan pada angkatan berikutnya


21-07-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Banyumas
simanju | usia:22thn, pekerjaan:magang
maaf pak .saya peserta tes jogja yang sudah dinyatakan lulus tes bahasa tanpa remidi sama sekali.Tapi kenapa saya belum dipanggil pendidikan???Padahal peserta semarang yg jadwal recruitmenya setelah jogja malah sudah dipanggil.Kawatirnya kesalahan pemanggilan dan kita tidak diberi tahu.Mohon jawabanya yg bijak pak
Jawaban :
permintaan tersebut berdasarkan permintaan dari pihak jepang, karena dibagi kedalam beberapa daerah, maksudnya tidak dapat hanya satu daerah saja, mudah-mudahan pada pemanggilan berikutnya


21-07-2014 | LAMPUNG, Kota Metro
imam hambali | usia:22thn, pekerjaan:mekanik
ass, pak saya mau tanya, saya mumpunyai luka bakar sedikit di bagian kaki dan perut. apakah saya bisa mendaftar magang ke jepang? terima kasih...
Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
tidak ada larangan untuk mendaftar, namun masalah lulus tidaknya akan dilihat dulu


21-07-2014 | JAWA BARAT, Kab. Garut
Yanti | usia:24thn, pekerjaan:TL MIS
Assalamualaikum
Selamat siang,
Maaf saya ingin bertanya apakah seluruh angkatan pemagangan IMM jepang ke 252 langsung diberangkatkan ke jepang pada tanggal 15 juli 2014 kemarin?kalau tidak salah ada 93 orang menggunakan 3 bus. apakah semuanya langsung diberangkatkan hari itu pada malam hari atau sebagian dahulu??karena kemarin kami dari pihak keluarga tidak diperbolehkan untuk ikut mengantar sampai bandara. Mohon kesediaannya untuk menjawab dan menjelaskan.
terimakasih
wassalam

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
kalau sudah ke sukarno hatta semuanya diberangkatkan


21-07-2014 | BALI, Kab. Badung
wiu | usia:21thn, pekerjaan:ob
Utk kepastiannya test bahasa yg bonus di cevest kira" bulan dan tgl brp ya mba. Dan jika ada test bhs yg terdekat seperti nanti di bandung apakah bisa mba ikut test bhs di bandung.
Jawaban :
silakan belajar dulu saja selama sekitar 2 bulan, setelah itu akan dilaksanakan tes, kepastiannya belum ada, dan tesnya dilaksanakan di cevest


21-07-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Pekalongan
Lukman Nur Hakim | usia:20thn, pekerjaan:Mechanical and electrical (ME)
assalammuallaiqum..

maaf pak mau tanya..pendaftaran magang jepang untuk wilayah jateng tiap bulan apa y pak...

terimakasih....

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
pendaftaran dilaksanakan apabila ada seleksi, jika tidak ada seleksi maka tidak dibuka pendaftaran


20-07-2014 | JAWA TIMUR, Kota Surabaya
Ahmad | usia:23thn, pekerjaan:Menuju Tahap 2
Assalamualaikum wr wb...
Bapak / Ibu ada yang mau saya tanyakan mengenai persiapan ke tahap 2,,, seperti:
apakah skck atau surat sehat harus di perbarui saat masuk ke chevest nanti?
itu saja terima kasih,,,

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
jika sudah membuat tidak perlu buat lagi


20-07-2014 | JAWA BARAT, Kab. Cirebon
anwar | usia:21thn, pekerjaan:pelajar
assalamualaikum
mohon maaf sebelumnya,,, apakah yang gagal di medical terus dapet kabar bahwa saya unfit gara2 kena hepatitis B untuk selanjutya bisa tidak mengikuti program daftar lagi.
mohon bantuannya dan masukannya....
biar saya ada petunjuk buat kesembuhan saya. tksh sebelumnya

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
jika sudah sembuh berdasarkan keterangan dokter masih bisa


19-07-2014 | DKI JAKARTA, Jakarta Utara
ahmad | usia:20thn, pekerjaan:Operator Warnet
maaf pak ??
kalau gigi berlubang bisa ikut ga ?

Jawaban :
bisa jika sudah di tambal atau dicabut


19-07-2014 | SUMATERA UTARA, Kota Medan
Eliezer Manalu | usia:22thn, pekerjaan:-
Hallo Admin.. Saya mau menanyakan tentang lokasi ujian bahasa untuk SelekNas baik yg "bonus" maupun yg terjadwal,, apakah kedua test tersebut dilaksanakan di daerah atau di Cevest? Terima kasih.
Jawaban :
akan dilaksanakan di cevest


18-07-2014 | BANTEN, Kab. Tangerang
sigit | usia:22thn, pekerjaan:-
Asslm.pak untuk seleksi di jakarta bln 11 apakah trmasuk wilayah prov.banten?trimaksih.
Jawaban :
Wa*alaikum salam wr wb
Silakan berhubungan langsung dengan panitia daerahnya


18-07-2014 | BANTEN, Kab. Serang
MOCHAMAD SYARIFUDIN | usia:20thn, pekerjaan:swasta
assalamualaikum wr wb .
maksudnya ikut test bahasa (bonus) itu apakah ikut seleksi test bahasa di provinsi yg sedang melaksanakannya atau bagaimana pak?

Jawaban :
Maksudnya penawaran bagi yang sudah siap dan dilaksanakan di cevest


18-07-2014 | ACEH, Kab. Aceh Besar
abi | usia:21thn, pekerjaan:ob
asalamualaikum

mba saya sudah dinyatakan lulus mcu selek nasional. sedangkan saya pernah di kasih tau ada bonus test bhs jepang di awal" setelah mcu keluar. kapan ya mba??

Jawaban :
Wa'alaikum salam wr wb
Kepastian pelaksanaannya masih dalam proses penjajagan


18-07-2014 | DKI JAKARTA, Jakarta Timur
adit | usia:21thn, pekerjaan:ngangur
asalamualaikum

mba saya sudah dinyatakan lulus mcu. sedangkan saya pernah di kasih tau ada bonus test bhs jepang di awal" setelah mcu keluar. kapan ya mba??

Jawaban :
Wa'alaikum salam wr wb
Mengenai kepastian pelaksanaannya masih dalam proses penjajagan


18-07-2014 | ACEH, Kab. Aceh Barat Daya
udin | usia:22thn, pekerjaan:ob
Asalamualaikum

Saya mau menanyakan. Saya waktu daftar selek nasional itu di daftarkan oleh staf cevest. Saat saya mengikuti test saya terdaftar dari jawa barat. Mungkin org cevestnya slh saat mendaftarkan sy. Sebenernya saya peserta dr DKI. Gmn ya mba cara utk merubahnya. Dan saya harus kemana. Dan apakah bermasalah seperti itu. Trms.

Jawaban :
Wa'alaikum salam wr wb
Hal itu tidak menjadi masalah


18-07-2014 | ACEH, Kab. Bireuen
Rahmat | usia:24thn, pekerjaan:tani
Salam admin,saya dengar dalam waktu dekat akan ada perekrutan lagi untuk provinsi aceh. Apakah benar?

Jawaban :
Saat ini sedang dalam proses sosialisasi


17-07-2014 | DKI JAKARTA, Jakarta Selatan
Ethika Fitriani | usia:38thn, pekerjaan:Karyawan HRD
Bila sebuah yayasan bermaksud membuka kesempatan magang dengan mengadakan Program Pemagangan Mandiri, apakah yayasan tersebut harus mendaftar/mendapat izin/pengesahan terlebih dahulu ? Bila ya, harus mendapatkan izin/pengesahan ke dinas apa ?
Mohon info. Terimakasih sebelumnya.

Jawaban :
Silakan berhubungan dengan dinas tenaga kerja provinsi setempat


17-07-2014 | KALIMANTAN BARAT, Kota Pontianak
afdal | usia:27thn, pekerjaan:swasta
maaf pak
untuk daerah kalimantan barat kenapa tidak ada rekrutan ya

Jawaban :
Karena pemerintah daerah anda tidak mengajukan ke pusat


17-07-2014 | SUMATERA SELATAN, Kab. Lahat
perta rusanto | usia:29thn, pekerjaan:swasta
maaf pak, saya tertarik untuk mengikuti program magang ke luar negeri terutama jepang. tapi usia saya sudah melampaui batas maximum dari persyaratan yang ditentukan. pertanyaan saya, adakah solusi atas problem usia saya ini. atas jawabannya saya ucapkan terimakasih
Jawaban :
Barangkali bisa mengikuti program non im, silakan lihat daftar lembagamya di kolom luar negeri tentang program non im


17-07-2014 | DKI JAKARTA, Jakarta Utara
kevin | usia:21thn, pekerjaan:montir
maaf pak,,, untuk seleknas apakah masih ada sbelum jdwal rekrutmen daerah?
Jawaban :
Tidak ada mas


16-07-2014 | JAWA BARAT, Kab. Sukabumi
adam hariri | usia:23thn, pekerjaan:calo kenshuusei
maaf pa....klo misalnya saya dinyatakan lulus medical di seleknas...apakah boleh saya mengikuti test bahasa yang di laksanakan di jawabarat yang menurut kabar dari teman akan di adakan pada tanggal 7 agustus 2014...terima kasih
Jawaban :
Tidak benar tanggal 7 agustus akan dilaksanakan tes bahasa di jabar


16-07-2014 | SUMATERA UTARA, Kab. Langkat
Ricky | usia:21thn, pekerjaan:bantu ortu
Asslaumualaikum wr wb . mau lapor pak admin kenapa kami dalam pemantapan di daerah di kenakan biaya koperasi sakura karena kami belum berangkat ke jepang kami sudah punya hutang 30 juta belum lagi adanya pungutan pugutan liar dari HIKARI. hal ini sangat menjadi beban kami rincian dan kwitansinya ngak jelas. mohon di bantu pak
Jawaban :
Wa'alaikum salam wr wb
Kami sudah meminta daerah untuk melarang hal tersebut, silakan minta bantuan pada pihak disnakertrans provinsi


16-07-2014 | LAMPUNG, Pringsewu
fauziah | usia:20thn, pekerjaan:mahasiswa
lulusan D3 KEPERAWATAN lowongannya ada tidak untuk pemagangan dan cara pendaftarannya seperti apa? trimakasih
Jawaban :
Untuk program im japan tidak ada, program tersebut ada di bnp2tki


16-07-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Cilacap
deden hidayat | usia:19thn, pekerjaan:sedang kursus bahasa jepang
assalamualaikum bapak penanggung jawab ruang konsultasi ini. maaf mau bertanya ,.... apa benar jika ada kakak kelas / senior yang sudah di jepang melarikan diri berakibat kepada adik kelas yang berasal dari satu desa yang sama ?apa mempengaruhi kelulusan bagi adik kelasnya ?terima kasih atas jawabannya
Jawaban :
Wa'alaikum salam wr wb
Tidak ada pengaruh pada kelulusan, namun akan berpengaruh pada rekrut selanjutnya di daerah tersebut


16-07-2014 | DKI JAKARTA, Jakarta Selatan
Drs. Rahmat Kasim, MM. | usia:48thn, pekerjaan:LSM
Bagus dan apresiasi kepada tim kementrian tenaga kerja yang telah melakukan pelayanan publik konsultasi online seperti ini.... informasi transparan, cepat dijawab dan mudah diakses oleh masyarakat pencari kerja yang membutuhkan.... Pertahankan !....
Jawaban :
terima kasih atas partisipasi anda dalam ruprik ini


15-07-2014 | RIAU, Kota Pekan Baru
andri saputra | usia:23thn, pekerjaan:pedagang
asslamualaikum pak
saya mau minta satu pertanyaan
apakah daerah riau dan kepulawan riau bisa di gabungkan saja rekrutnya dengan sumatera barat....seperti sumsel dan bengkulu kemaren
soalnya disini banyak yang minat magang jepang namun mereka ikut rekrut di padang kemaren tahunya gagal di wawancara karna domisili nya di riau

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
hal tersebut harus melalui koordinasi antar pemerintah daerah terlebih dahulu


15-07-2014 | JAWA BARAT, Kota Bandung
adrian | usia:24thn, pekerjaan:calon peserta magang
mohon maaf .
untuk yang lulus remidi test bahasa jepang daerah sragen,,ponpes dan expo 2013 langsung bikin pasport kan pak???,,,terus dimana kami bisa dapatkan surat rekomendasi pembuatan pasportya karena yang ada di link DOWNLOAD adalah rekomendasi untuk angkatan sebelumnya,terima kasih

Jawaban :
biasanya surat keputusan kelulusan dapat dijadikan rekomendasi, anda dapat mengunduhnya


15-07-2014 | BANTEN, Kota Tangerang
Boro Supanggih | usia:25thn, pekerjaan:Fokus Magang
Aslkm.WR.WB,mbak.

Hasil mcu Reknas 2014 kpn diumumkan? Untuk kesempatan tes bhs jepang bagi yg sudah mampu, apa kira2 akan dilaksanakan sebelum Idul Fitri? Materi yang diteskan, apakah sama dgn tes bhs jepang saat Expo 2013? Terima kasih.

Wslkm.WR.WB.

Minal aidzin wal faidzin..

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
mohon maaf, saat ini prosesnya masih belum selesai, menunggu keputusan dirjen, segera akan kami umumkan apabila surat keputusan sudah ditandatangani, dan mengenai tes bahasa jepang akan dilaksanakan setelah peserta belajar bahasa 2 bulan


15-07-2014 | LAMPUNG, Pringsewu
hendra hardianto | usia:20thn, pekerjaan:mahasiswa
assalamualaikum.
sumimasen, ada beberapa pertanayaan yang akan saya tanyakan.

1. untuk pelatihan daerah tahap satu, pelaksanaan wawancara itu biasanya didakan kapan?
2. apakah saat wawancara orang tua peserta di ikiut sertakan?
3. saya mendengar informasi dari peserta yang sudah mengikuti pelatihan daerah ada beberapa peserta yang dirumahkan, penyebab peserta dirumahkan itu kenapa?
4. apakah faktor perusahaan penerima sedang falid (bangkrut) yang menyebabkan peserta dirumahkan?
5. lalu bagaimana nasib peserta ang dirumahkan, apakah masih ada kesempatan untuk magang kejepang, atau menunggu panggilan dari pusat lagi?
6. peserta dirumahkan itu apakah berlaku untuk pelatihan pusat tahap dua di cevest bekasi?

arigatougozaimasu sensei.

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
1. maksudya wancara apa ? kalau wawancara orang tua diadakan bersamaan dengan acara pembukaan, namun jika wawancara penempatan dilaksanakan setelah 1 bulan pelatihan
2. ya diikutsertakan
3. salah satunya karena tidak lulus bahasa
4. bisa juga
5. masih diberi kesempatan dan akan dipanggil lagi pada angkatan berikutnya
6. tidak berlaku, hanya di tahap 1 saja, di cevest dipulangkan jika gagal (bukan dirumahkan)


14-07-2014 | KEPULAUAN RIAU, Kota Batam
rian | usia:24thn, pekerjaan:buruh pabrik caltex
pak saya mau tanya nih
untuk dareh RIAU DAN KEPUALAWAN RIAU kenapa tidak rekrut ya
setau saya riau dan kepulawan riau aman saja paktidak ada masalah

Jawaban :
betul tidak ada masalah, namun pemerintah daerah anda tidak mengajukan ke pusat, sehingga tidak dijadwalkan


14-07-2014 | RIAU, Kab. Bengkalis
sasori | usia:22thn, pekerjaan:tukang becak
asslamualaikum pak
saya pernah ikut tes magang tapi gagal di pelatihan tahap2 karna biaya
apakah masih bisa mengikuti dari awal lagi

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
selama gagal nya bukan karena sikap, maka masih dapat ditolelir


14-07-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Banjarnegara
arif | usia:23thn, pekerjaan:swasta
saya mau nanya,tentang magang swasta Jepang, .. apakah persyaratannya sama seperti IM? saya ingin ikut tetapi dua gigi depan saya sudah tambalan besar apakah bisa? terima kasih
Jawaban :
mengenai hal tersebut sebaiknya anda berhubungan langsung dengan lembaga pengirimnya, yang mana daftar lembaga resmi bisa dilihat di kolom luar negeri magang non im


14-07-2014 | JAWA BARAT, Kab. Bekasi
titi wijayanti | usia:23thn, pekerjaan:Mahasiswi
Pak apakah saya bisa ikut daftar wat kerja magang di jepang,sedangkan saya masih kuliah. saya mau kerja di pabrik luar negri tolong pencerahanya.
makasih

Jawaban :
program ini bisa diikuti oleh peserta minimal lulusan slta, jika anda berminat bisa memakai ijazah slta, namun mengenai kuliahnya bagaimana ? dan tetap mengikuti persyaratan yang telah ditentukan


14-07-2014 | BENGKULU, Kota Bengkulu
Lexpya | usia:24thn, pekerjaan:swasta
Asslkm. pak saya mau tanya program G toG Jepang yg lulusan S1maupun D3. kalau dri bengkulu apa bisa mendaftar program tersebut mohon konfirmasinya tks pak.
Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
mohon maaf, kami tidak mengetahui program tersebut, sebaiknya anda berhubungan dengan bnp2tki


14-07-2014 | JAWA BARAT, Kab. Bandung
muji | usia:35thn, pekerjaan:marketing
saya exs kenshusei angkatan 94.,yang ingin saya tanyakan apakah ada program pemagangan bagi exs jepang,!melihat pengalaman dan loyalitas kerja yang sudah didapatkan oleh para exs kenshu tentunya pemerintah akan lebih mudah untuk menempatkan para exs kenshu tersebut sesuai permintaan dari perusaan jepang.mohon jawaban dari pemerintah,terimakasih
Jawaban :
saat ini masih belum ada


13-07-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Pekalongan
Lihun | usia:20thn, pekerjaan:Operator
Pak kalau mata mines + - 1/5
biza ikut pemagangan ke jepang g pak..

Jawaban :
yang diperbolehkan adalah visus tidak kurang dari 0,7


13-07-2014 | JAWA TENGAH, Kota Semarang
Sholihin | usia:26thn, pekerjaan:siap magang
Mohon info pak, untuk pelatihan tahap 1 Semarang kira-kira kapan dimulai? Agar sekiranya kita dpt bersiap ketika jadwalnya mendekati hari Lebaran,,
Trims

Jawaban :
masih dikoordinasikan dengan pihak im japan


13-07-2014 | SUMATERA UTARA, Kab. Tebing Tinggi
Rina | usia:22thn, pekerjaan:Mahasiswi
Assalamualiakum wr.wb
Saya lulusan smk teknik komputer
Apakah saya bisa bekerj di jepang?
Khusus perempuan

Jawaban :
waa'alaikum salam wr wb
mohon maaf program im japan khusus untuk pria saja


13-07-2014 | SUMATERA UTARA, Kab. Tebing Tinggi
Dwi | usia:22thn, pekerjaan:Mahasiswi
Assalamuaikum wr.wb
Min, saya mau nanya. Saya pingin bekerja di jepang. Gimana saya bisa dapat informasi pendaftaran magang di jepang. Khususnya perempuan.
Apakah perempuan dibutuhkan bekerja disana ?
Thanks
Waiting your answer.

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
mohon maaf khusus program im japan khusus untuk pria, barangkali ada di lembaga lainnya, silakan lihat daftar lembaga pengirim resmi di menu luar negeri "program non im japan"


13-07-2014 | JAWA BARAT, Kab. Karawang
suhendar | usia:22thn, pekerjaan:-
assalamualaikum wr wb
pak mau tanya.
1 apakah idul fitri d tahap 2 libur?
2 kalau libur berapa hari & mulai kapan?
3 jika libur apakah boleh pulang dulu kalo yang domisilinya dekat?

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
1. biasanya mengikuti cuti bersama, kecuali bagi peserta yang akan segera diberangkatkan
2. mengikuti cuti bersama (sekitar 1 minggu)
3. diperbolehkan pulang


13-07-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Pekalongan
CHORI | usia:20thn, pekerjaan:-
pak mau tanya,, saya lulusan SMK teknik komputer,, apakh bisa mendaftr dgn sertifikat dri sekolah,, atau harus dpat sertifikat dr balai latihan kerja...??

satu lagi,, di tubuh saya ada beberapa goresan tpi bukan bekas terluka,, sperti goresan stretch mark,,, apakah bisa ditrima...???

Jawaban :
sertifikat teknik komputer bila dalam kurikulumnya terdapat jaringan komputer maka tidak perlu lagi sertifikat latihan kerja, selanjutnya mengenai keadaan fisik anda, kami harus melihat terlebih dahulu


12-07-2014 | SUMATERA BARAT, Kota Padang
Anton Ius | usia:25thn, pekerjaan:Tamat Stm
Apakah usia 25 bisa mendaftar???
Jawaban :
bisa mas


12-07-2014 | SUMATERA UTARA, Kota Binjai
purnama | usia:22thn, pekerjaan:mahasiswa
mohon info admin.. untuk pemberangkatan Tahap II Pra Pemberangkatan di Cevest Bekasi untuk Propinsi SUMUT yang mengadakan seleksi tanggal 4 Juni 2014 yang lalu kapan dimulai ya ?
Jawaban :
hal tersebut tergantung permintaan dari pihak jepang, kami belum dapat memastikan


12-07-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Cilacap
Iqbal | usia:23thn, pekerjaan:peserta magang
Pak untuk hasil MCU jawa tengah sudah tidak muncul di web. saya mau download ulang untuk syarat membuat passport,.
Bagaimana pak?
Terimakasih

Jawaban :
dalam waktu yang sudah ditentukan secara otomatis akan terhapus, maaf kami tidak dapat meng upload ulang


12-07-2014 | DKI JAKARTA, Jakarta Selatan
suryadi | usia:22thn, pekerjaan:mekanik
asalamualaikum,,, maaf kira-kira biaya dari awal tes sampe pemberangkatan menghabiskan berap rupiah? makasih
Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
mohon maaf kami tidak memungut biaya dari peserta, sehingga tidak dapat menyampaikan hal tersebut


11-07-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Semarang
Krismawan Mukti W. | usia:23thn, pekerjaan:Pengajar
Mohon informasi persyaratan peserta pemagangan,
apabila status menikah apakah masih bisa mendaftar ?
Terima kasih

Jawaban :
tidak ada larangan bagi yang sudah nikah


10-07-2014 | SUMATERA BARAT, Kota Payakumbuh
nurhadi | usia:21thn, pekerjaan:swasta
assalamualaikum pak
saya mau nannya ni
penempatan untuk ke qatar di ceves kan ada
di situs mana bs di lihat

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
mohon maaf sebaiknya anda berhubungan dengan cevest langsung


10-07-2014 | JAWA BARAT, Kota Bekasi
reza | usia:21thn, pekerjaan:swasta
untuk hasil MCU seleknas, kapan pengumumannya?
Terima kasih

Jawaban :
akan segera diumumkan apabila seluruh proses sudah selesai


10-07-2014 | JAWA BARAT, Kab. Sukabumi
Regi | usia:23thn, pekerjaan:-
pak. kalau link download dokumen pemagangan knpa file nya banyak yg ga bisa di download ya?
Jawaban :
mohon maaf barangkali kapasitas komputer anda perlu di cek kembali


10-07-2014 | DI YOGYAKARTA, Kota Yogyakarta
arya banu syah putra | usia:23thn, pekerjaan:swasta
asalammualaikum pak/bu
saya mau tanya untuk angkatan 252 yogyakarta ya belum di panggil ke pelatihan tahap 2 di ceves sapa saja ya pak/bu?
mohon bantuannya ya pak/bu
terimakasih

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
mohon maaf kami tidak dapat memenuhi permintaan anda


10-07-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Sragen
Yusuf Abdi | usia:21thn, pekerjaan:swasta
Sambung yang kemaren pak, kalau 10 bulan masih bisa ikut pak?
Jawaban :
mohon maaf kami sudah tidak ingat lagi, maksudnya 10 bulan apa?


09-07-2014 | JAWA TENGAH, Kota Semarang
Herman | usia:21thn, pekerjaan:swasta
Pak, kalo misal sudah lulus sampai PELATIHAN TAHAP 1..
Nantinya penempatan kerja di JEPANG di pilih berdasarkan apa ?
Berdasarkan JURUSAN SMK nya terdahulu atau bagaimana ?
Kalo Tehnik Komputer & Jaringan nantinya kemungkinan ditempatkan dimana ?
Bisa ditempatkan selain bidang komputer tidak ?

Jawaban :
Masalah penempatan jenis kerja akan dilakukan wawancara terlebih dahulu dengan peserta sebelum ditempatkan


09-07-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Sragen
yusuf Abdi Wibowo | usia:21thn, pekerjaan:karyawan swasta
Asslamuallaikum pak admin, daya mau tanya ni, kalo yang sudah pernah ikut pertukaran pelajar di bidang pertanian, masih bisa ikut program ini gak pak?
Jawaban :
Jika durasi waktunya kurang dari 1 bulan masih dimungkinkan, namun saat tes wawancara anda harus menyampaikan hal ini secara jujur


09-07-2014 | JAWA BARAT, Kab. Karawang
handi | usia:22thn, pekerjaan:pengangguran
untuk tahap test bahasa jepang, materinya apa saja pak ? tertulis ato non tertulis ??? lalu setelah gagal, apakah masih ada remidialnya ? makasih
Jawaban :
Materi tes adalah pelajaran 1-12 pilihan dan tulis, bagi peserta yang gagal masih diberikan remidi 3 kali


08-07-2014 | JAWA TIMUR, Kab. Tuban
putra | usia:22thn, pekerjaan:calon kenshusei
Assalamualaikum , saya peserta seleknas khusus nasional 16 juni kemarin .sebelum test , saya pernah mencoba untuk MCU pribadi dan hasilnya suitable . Kemudian pada tanggal 24 juni saya MCU resmi . Nah ,yg saya tanyakan . bagaimana seandainya saya ikut tes bahasa di semarang atau di tempat lain yg tercepat ,sedangkan hasil MCU belum muncul d web ? Terimakasih banyak ! :)
Jawaban :
Untuk peserta seleknas, sebaiknya mengikuti tes setelah hasil mcu keluar


08-07-2014 | JAWA BARAT, Kab. Tasikmalaya
agil maulana | usia:20thn, pekerjaan:pencaker
untuk rekruitment daerah jabar kapan di buka lagi ya
tolong informasi nya

Jawaban :
Tahun 2015


07-07-2014 | DKI JAKARTA, Jakarta Utara
tembem | usia:28thn, pekerjaan:kenshushei
saya kenshusei... sudah kerja di jepang selama 3 bulan ini... tapi saya belum sama sekali menerima gaji... solusi nya gmna dong? kalo lapor jitco apakah saya akan di pulangkan ke indonesia? kan saya baru 3 bulan disini... atau mungkin kah saya dapat di pindah ke pabrik lain? mohon bimbingan nya

Jawaban :
Silakan menghubungi petugas Im japan, atau anda bisa langsung menyampaikan data perusahaan dimaksud melalui website ini, biar kami bisa segera menindaklanjuti


06-07-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Sragen
ARDIAN | usia:26thn, pekerjaan:alumni jepang
saya mau tanya.
GURU yang ngajar bahasa di pendidikan apakah boleh main tangan?
seperti yang sering dilakukan oleh SAIPUL SENSEI.

BUAT SAIPUL;
lo itu sok . apa lo sudah sukses.?gaya lo itu selangit?
apa kalo lo main tangan ke peserta magang.terus gaji lo naik?

kl ngajar yg wajar2 saja bro...

Jawaban :
Dalam program ini tidak boleh ada kekerasan fisik, kami akan menindaklanjuti informasi ini


05-07-2014 | NUSA TENGGARA BARAT, Kab. Sumbawa Barat
riyan | usia:23thn, pekerjaan:swasta
assalamualaikum.... permisi mau tanya,, gigi saya ada yang berlubang,, apa masih bisa saya mengikuti tes untuk pemagangan ke jepang??? trima kasih,,
Jawaban :
Wa'alaikum salam wr wb
Gigi berlubang harus ditambal atau dicabut terlebih dahulu


05-07-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Cilacap
hasan | usia:20thn, pekerjaan:qq
ohayo gozaimasu. sumimasen ga, sense mau tanya, soal barang2 dan uang yen yang di perlukan pada waktu mau berangkat ke jepang, apa harus sudah di bawa pada waktu masuk tahap 2' dan kalo beli di tahap 2 apa ada waktu, kalo gak ada waktu apa orang tua bisa mengantar ke cevest dan uang yen nya, karena kendala uang blum ada,
Apa kontrak di genba skarang 5 tahun itu benar, mulai angkatan berapa? Onegaishimasu,

Jawaban :
Pada prinsipnya uang bekal awal sudah ada pada saat akan berangkat, dan nanti akan diperiksa, dan mengenai program 5 tahun kami belum menerima permintaan resmi dari jepang, dan orang tua hanya boleh mengantar di cevest saja


05-07-2014 | DKI JAKARTA, Jakarta Utara
djumadi | usia:21thn, pekerjaan:wiraswasta
untuk masalah administrasi pemberangkatan itu dari uang sendiri ? makasih
Jawaban :
Pembuatan paspor, visa, dan airport tax dibiayai peserta sendiri, namun tiket ditanggung perusahaan


04-07-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Kendal
afi fradiansha choerusady | usia:21thn, pekerjaan:menunggu tes
maaf sensei,, saya mau tanya,, saya udah mengikuti tes 4x tp selalu gagal di wawancara di karenakan ijazah saya dari lampung, yang katanya backlis... apa iya tidak ada kesempatan buat saya untuk mengikuti im? mohon bantuan gimana solusinya buat saya? besok saya akan mengikuti tes rekruitmen di jogja... onengaisimasu...
Jawaban :
Program Im bukan satu satunya megang ke jepang, masih ada program lainnya, jika dirasa sulit mengikuti program ini sebaiknya pilih program yang lainnya


04-07-2014 | JAWA BARAT, Kab. Indramayu
redi | usia:24thn, pekerjaan:swasta
aslmkm. sensei, bagaimana nasibnya peserta yang sudah lulus tes bahasa dan mau masuk pelatihan tapi dari keluarga kurang mampu sehingga tidak ada biaya. apakah kiranya ada keringanan dari pusat semacam pinjaman. saya sudah konfirmasi ke disnaker provinsi katanya tidak ada program pinjaman. saya benar2 bingung pak.
terimakasih
wslmkm

Jawaban :
Wa'alaikum salam wr wb
Mohon maaf mas, tidak ada program pinjaman, dan kami juga tidak memungut biaya dari peserta itulah brntuk subsidi kami kepada peserta, pusat mengharapkan daerah anda bisa membantu akan hal tersebut


04-07-2014 | JAWA TENGAH, Kota Tegal
agus | usia:22thn, pekerjaan:PESERTA MAGANG
MAAF PAK

untuk tes bahasa tgl 10-11 juli 2014.di semarang.
itu tempat tesnya di mana ya?
disnakertransduk itu alamatnya dimana?
panitia dinas semarang di sms berkali2 nggak dibalas.

mohon petunjuk untuk tempat tes bahasa jepang

Jawaban :
Masalah tempat menjadi urusan daerah, sebaiknya anda berbicara langsung tidak melalui sms


04-07-2014 | JAWA TIMUR, Kab. Ngawi
Rachmat tri | usia:23thn, pekerjaan:swasta
maaf mau tanya untuk mengikuti pendaftaran di ponpes ada syarat khusus gk? kemudian tesnya sama tidak dengan yang di provinsi,,,,thanks
Jawaban :
Syarat khusus harus santri atau mantan santri, dan persyaratan lainnya sama dengan di provinsi


04-07-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Pekalongan
Lihun | usia:20thn, pekerjaan:Operator
Pak saya kan krja d jakarta..
Misal kpn kpn dftr lwat disnakertrans jkarta biza kagak pak..

Truz alamat disnakertrans jkarta di man pak..
Di dekat tugu tani bukan pak..

Terimakasih

Jawaban :
Jika ber ktp jakarta boleh, dan betul alamat disnakertrans di tugu tani


03-07-2014 | SULAWESI SELATAN, Kota Makasar
muhammad yadi, ST | usia:28thn, pekerjaan:Supervisor
saya alumni magang angkatan 158 dari sumatera utara tetapi sekarang saya sudah menetap di makassar. yang ingin saya tanyakan mengapa perekrutan pemagangan di wilayah makassar sampai sekarang belum dilakukan saya melihat banyak sekali generasi muda di makassar yang berkompeten yang ingin magang tidak bisa karena tidak terbuka untuk perekrutannya. mohon penjelasannya. ( sumatera barat saja sudah bisa rekrut kembali )
Jawaban :
masih dalam proses evaluasi


03-07-2014 | JAWA BARAT, Kab. Karawang
edoy | usia:21thn, pekerjaan:operator
pak untuk hasil mcu nasional kemaren, pengumunnya kapan pak ?
kami benar benar sangat menunggu hasilnya.

Jawaban :
kami juga sama sangat menunggu hasilnya dari klinik, mohon maaf masih ada klinik yang belum menyampaikan hasilnya


03-07-2014 | DKI JAKARTA, Jakarta Utara
theo | usia:21thn, pekerjaan:montir
kalau lamarannya bisa lewat pos engga pak? makasih
Jawaban :
tidak perlu


03-07-2014 | BANTEN, Kab. Pandeglang
wahyu | usia:27thn, pekerjaan:guru
maaf pak mau tanya, kalo badan saya tatoan dan telinga saya percingan kira2 masih bisa di usahakan nggak ya pak? soalnya saya pengen jadi peserta magang e, gimana? :(
Jawaban :
mohon maaf mas badan bertato tidak bisa ikut program ini


03-07-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Kebumen
jazuli | usia:23thn, pekerjaan:pengangguran
Assalamualaikum pak,untuk pelaksanaan tes remidi 2 DIY(yang tes bahasa kemaren tanggal 10juni belum memenuhi Standard) kapan dilaksanakan?terima kasih
Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
tanggal 14 juli 2014 akan dilaksanakan her/remidi di cevest bekasi


03-07-2014 | SUMATERA UTARA, Kota Medan
aguss | usia:21thn, pekerjaan:kariawan
jdi pak bagi peserta magang yg belum di panggil tahap 1 apakan nanti akan dia adakan tes kakunin di medan sementara itu hasil tes kakunin blum ada pengumuman nya, apakah benar bulan delapan di sumut akan dia ada angkatan baru untuk tahap 1 ,,,,, arigato gozaimasu<<>>
Jawaban :
hasil tes kakunin bisa ditanyakan pada guru yang masih mengajar di daerah, sedangkan mengenai pelatihan di daerah masih menunggu permintaan dari pihak jepang


03-07-2014 | JAWA TIMUR, Kab. Malang
junaedi | usia:26thn, pekerjaan:PKL
Asslmkm...slmt pagi pak..saya menanyakan utk soal tes bahasa..apa ada contoh soal seperti tes matematika..terimakasih
Jawaban :
contoh soal ada di dinas tenaga kerja provinsi


03-07-2014 | ACEH, Kab. Aceh Utara
FAKHRURRAZI | usia:27thn, pekerjaan:belum bekerja
maaf pak, mau tanya, jika usia 27 apa masih bisa daftar sebagai peserta?
soalnya di tempat kami disyaratkan usia maksimal 26 tahun.
mohon konfirmasinya

Jawaban :
maaf sudah tidak bisa, umur maksimal saat tes seleksi adalah 26 tahun


02-07-2014 | LAMPUNG, Pesawaran
riyan | usia:24thn, pekerjaan:wiraswasta
maf pak mau tanya syarat untuk buka LPK/kursusan itu pa ja pak?dan klu pake beaya habis brp?
Jawaban :
silakan berhubungan langsung dengan kantor dinas tenaga kerja setempat


02-07-2014 | KALIMANTAN TIMUR, Kota Samarinda
herditama | usia:21thn, pekerjaan:wiraswasta
KANTOR DISNAKERTRANS di surabaya alamatnya dimana pak?? itu biaya pendaftaran sampai pemberangkatan habis berapa biayanya/??
Jawaban :
jl. dukuh menanggal surabaya, tidak dipungut biaya pendaftaran


02-07-2014 | JAWA BARAT, Kab. Bekasi
Suhadi | usia:38thn, pekerjaan:Interpreter
dear moderator, seiring perkembangan adanya info akan adanya banyak kebutuhan tenaga kerja di Jepang menyongsong olympic thn 2020, serta kemudahan visa untuk orang Indonesia bagaimana kaitan nya dengan wacana program re entry untuk exs kenshusei? ada info tentang ini? atau skiranya ada program kerja untuk exs bisa hubungi ke mana? Mohon info dan pencerahannya..Terimakasih
Jawaban :
mohon maaf kami belum mendapatkan permintaan resmi, sehingga belum dapat mengambil sikap


02-07-2014 | SUMATERA UTARA, Padang Lawas
juaksa | usia:22thn, pekerjaan:mahasiswa
bagaimana kriteria pengujian soal bahasa dan apa sja yang di ujikan.
Jawaban :
materi yang diujikan adalah tata bahasa pelajaran 1-12 buku pelajaran bahasa jepang im japan


02-07-2014 | DKI JAKARTA, Jakarta Utara
Theo | usia:21thn, pekerjaan:montir
maaf pak saya mau bertanya jadwal pendaftaran baru tanggal berapa dan bulan apa? makasih
Jawaban :
silakan lihat jadwal rekrutmen sesuai daerah domisili anda, jadwal yang tercantum adalah untuk pelaksanaan tes seleksi, dan pendatarannya sebelum pelaksanaan tes seleksi


01-07-2014 | JAWA TENGAH, Kab. Karanganyar
heri | usia:24thn, pekerjaan:swasta
Pak jadwal kakuning ke 2 rekrut jogja kira2 kapan dijadwalkan ya pak, tmn saya sudah siap ?
Jawaban :
kepastian jadwal masih menunggu permintaan dari pihak jepang


01-07-2014 | JAWA BARAT, Kab. Garut
Firman | usia:21thn, pekerjaan:Tidak kerja
Asalamualaikum pak.
Untuk hasil MCU Jawa Barat kapan diumuminnya?

Jawaban :
silakan lihat di hasil rekrutmen yang ada di kolom luar negeri


30-06-2014 | DKI JAKARTA, Jakarta Timur
Rendy Dwi Putra | usia:21thn, pekerjaan:FOKUS MAGANG
Aslkm.WR.WB mba,

-Hasil Medical Cek Up Rekrut Nasional 2014 kapan keluar?
-Saat tes Rekrut Nasional, diberitahukan bahwa akan di adakan tes bahasa jepang lebih awal bagi peserta yang sudah merasa mampu bahasa jepangnya, apakah itu benar? kpn akan diadakan?

Wslkm.WR.WB mba, terima kasih.

Jawaban :
wa'alaikum salam wr wb
hasil mcu masih menunggu dari klinik, dan pelaksanaan tes bahasa bagi yang sudah mampu akan disampaikan setelah hasil mcu diumumkan